Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Pilih Loyang untuk Berbagai Jenis Cake, Bikin Hasilnya Maksimal

Kompas.com - 21/10/2022, 13:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Dalam pembuatan kue atau cookies, kamu perlu mengetahui bahan dan alat yang diperlukan sehingga bisa mengolahnya dengan baik. 

Salah satu alat yang biasa digunakan pada pembuatan cake adalah loyang. Dilansir dari Majalah Pastry & Bakery / ED 102 FEB 2018 penerbit Mediantara Infopersada ada cara memilih loyang berdasarkan jenis cake yang bisa kamu ikuti berikut ini. 

Baca juga:

1. Cara pilih loyang brownies

Dalam majalah tersebut menyarankan untuk menggunakan loyang yang lebih rendah untuk membuat brownies. Karena adonan brownies yang lebih berat serta kuenya yang tidak terlalu tepat sehingga loyang yang lebih rendah bisa membuat adonan lebih matang merata. 

Kalau loyang digunakan tinggi, maka adonan brownies akan butuh waktu lama untuk matang di bagian tengahnya. Pakai loyang dengan tinggi sekitar 3-4 cm untuk membuat brownies

2. Cara pilih loyang untuk chiffon cake 

Loyang untuk membaut chiffon cake disarankan punya ketinggian hingga 12 cm karena tekstur adonannya yang ringan dan lembut. 

3. Loyang untuk sponge dan butter cake 

Ada cara pilih loyang untuk sponge cake atau butter cake yaitu pilih yang punya tinggi sekitar 6-7 cm. Hanya saja, umumnya loyang sponge cake biasa memiliki tinggi sekitar 7-8 cm. 

Ilustrasi loyang kue. Dok. Shutterstock/vi mart Ilustrasi loyang kue.

4. Loyang untuk kue dengan banyak kuning telur

Ada banyak jenis kue yang dibuat dengan banyak kuning telur seperti lapis legit, bolu gulung, atau kue lapis surabaya. Oleh karena itu, gunakan loyang yang punya tinggi sekitar 3 hingga 4 cm. 

Cara mudah untuk melepaskan cake dari loyang 

Dalam majalah tersebut juga menjelaskan seputar cara melepaskan cake dari loyang yaitu dengan menggunakan dua kawat dan menghimpit loyang berisikan cake di bagian tengahnya. Balik bagian atasnya dan lepaskan rak. 

Majalah Pastry & Bakery / ED 102 FEB 2018 penerbit Mediantara Infopersada bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com