Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kemas dan Simpan Pancake Durian, Hindari Rusak Saat Perjalanan

Kompas.com - 20/11/2022, 17:08 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Makanan berbahan daging durian segar harus dikemas dengan cara yang tepat agar kualitas durian tidak rusak, terutama saat dibawa bepergian jauh seperti ke luar kota.

Aroma Medan merupakan salah satu usaha makanan serba durian yang kerap mendapat pesanan pancake durian untuk di bawa keluar kota Jakarta menggunakan pesawat, seperti ke Surabaya, Semarang, dan Bali.

Chief Executive Officer (CEO) Aroma Medan Yudho Anggoro mengatakan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari rusaknya pancake durian saat di perjalanan.

Baca juga:

1. Gunakan kemasan aman

Aroma Medan mengemas pancake dengan beberapa lapisan pelindung yang aman supaya rasa, bentuk, dan konsistensi daging durian tetap terjaga.

Menurut Yudho, jumlah dan ukuran pancake harus sesuai dengan ukuran kotak yang digunakan. Hal ini untuk menjaga agar tidak ada pancake yang rusak karena bergeser satu sama lain.

"Pancake-nya dimasukkan ke dalam kotak bertutup, setelah itu dimasukkan ke dalam tas berupa cooling box, dilapisi kotak styrofoam, diisi ice gel, dan di-sealed," kata Yudho saat ditemui oleh Kompas.com di Studio Foodplace pada Rabu (16/11/2022).

Yudho mengatakan bahwa durian yang dikemas dengan cara seperti ini tidak akan menguarkan aroma khas durian, sehingga aman dibawa saat bepergian menggunakan pesawat.

Pancake yang dikemas dengan cara seperti ini bisa bertahan sekitar enam hingga delapan jam di suhu ruang, dengan syarat pancake masih berada di dalam kotak styrofoam. 

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com