Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Meltique Beef, Daging Sapi Mirip Wagyu?

Kompas.com - 30/07/2022, 17:04 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meltique beef  adalah daging sapi biasa yang diberi suntikan lemak sapi sehingga menghasilkan bentuk marbling daging yang bagus serupa wagyu.

FS Trading Resto & Fast Food Sales Executive Meltique Beef Brent Aryo Seto mengatakan bahwa proses injeksi lemak sapi ini dilakukan supaya tekstur daging sapi menjadi empuk.

"Daging sapi asli itu kan marblingnya sedikit, marbling yang sedikit itu biasanya (dagingnya) keras. Oleh karena itu supaya keempukannya lebih konsisten, kita buat marblingnya dengan cara diinjeksi lemak," kata Brent Aryo Seto kepada Kompas.com saat ditemui pada acara Food & Hotel Indonesia 2022 di Jakarta Internasional Epo (JIEXPO), Selasa (26/7/2022).

Baca juga:

Proses injeksi lemak 

Daging yang diinjeksi lemak merupakan daging sapi asli dalam keadaan utuh. Setelah sapi disembelih, daging akan dipadatkan terlebih dahulu kemudian disuntik menggunakan alat khusus.

"Alat injeksi lemak ini bentuknya seperti sisir. Saat daging di-press, sisirnya akan dimasukkan ke dalam daging, lalu perlahan dikeluarkan seiring dengan proses penyuntikan lemak," kata Aryo.

Proses injeksi dengan alat ini membuat struktur marbling daging meltique lebih terstruktur dan konsisten.

Aryo mengatakan bahwa beberapa bagian daging sapi yang digunakan di Meltique Beef yakni bagian tenderloin, rib eye, dan sirloin. 

"Tidak ada waktu khusus untuk proses injeksi lemak setelah sapi disembelih," ucap Aryo.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com