Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Aiting Seafood, Usaha Ikan Laut Segar via Online di Jakarta

Kompas.com - 14/05/2022, 12:38 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ikan laut segar saat ini tidak hanya bisa kamu dapatkan di pasaran atau tempat pelelangan ikan. 

Saat ini kamu bisa memperoleh ikan laut dalam kondisi segar dengan mudah melalui toko online. Salah satu toko online yang menawarkan boga bahari atau seafood di daerah Jakarta adalah Aiting Seafood.

Ada beragam jenis ikan yang bisa kamu pilih untuk persedian bahan makanan di rumah, seperti bawal, tenggiri, dan kembung yang disediakan Aiting Seafood. Begitu pula berbagai jenis udang, kerang, dan cumi-cumi.

Baca juga:

Pemilik Aiting Seafood yakni Aiting Sutarti, menceritakan usaha ikan laut segar Aiting Seafood merupakan bisnis yang ia mulai pada awal pandemi Covid 19 masuk ke Indonesia, tepatnya pada awal 2020.

Usaha ikan yang ia jalankan saat ini mulanya berangkat dari bisnis saudara yang sudah bergerak di bidang ekspor seafood.

"Karena pandemi, jadi iseng coba jualan online, tahunya jalan dan berkembang sampai sekarang," kata Aiting saat ditemui oleh Kompas.com di studio dapur Foodplace Kompas.com pada Senin (9/5/2022).

Mulanya penjualan dan promosi ikan laut ia lakukan melalui media sosial instagram.  Seiring berjalannya waktu ikan laut yang ia pasarkan mulai dikenal oleh kerabat, teman, dan pengikut di media sosial.

"Penggunaan nama 'Aiting' sebenarnya karena waktu itu saya posting di Instagram, jadinya dikenal dengan nama saya," katanya.

Aiting mengatakan ikan yang dijual di Aiting Seafood merupakan jenis ikan yang biasa dikonsumsi oleh dirinya dan keluarga setiap hari.

"Kita di rumah terbiasa makan hasil laut, kalau hasil tambak ikan air tawar rasanya kurang cocok di mulut, kadang ada yang bau tanah," katanya.

Baca juga:

Jual seafood fresh bukan frozen

Ilustrasi udang segar di Aiting Seafood.Dok. Aiting Seafood/ Aiting Sutarti Ilustrasi udang segar di Aiting Seafood.

Apabila usaha ikan online identik dengan stok ikan beku dalam jumlah banyak, maka lain halnya dengan Aiting Seafood yang khusus menjual ikan segar.

"Kita masih fresh, kalau frozen itu kan dia sudah beku dagingnya," katanya.

Namun, guna menjaga kesegaran ikan laut yang baru datang, Aiting menggunakan bantuan es batu agar seafood tetap segar mulai dari pengemasan hingga distribusi ke konsumen.

Akan tetapi ada beberapa jenis produk yang memang disimpan dalam keadaan beku supaya tetap awet, seperti daging salmon dan daging kerang.

Baca juga: 4 Cara Simpan Ikan Segar, Harus Dibersihkan Dulu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com