Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Kemas Kepiting dan Rajungan agar Tetap Segar, Tips dan Penjual

Kompas.com - 12/05/2022, 12:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Kepiting dan rajungan yang datang ke tangan konsumen dalam keadaan masih segar jadi jaminan untuk makan seafood enak dan aman. 

Cara kemas kepiting dan rajungan harus dilakukan dengan hati hati untuk menghindari penurunan klitas kepiting dan rajungan,

Pengelola bidang operasional usaha ikan laut segar Aiting Seafood, Putri Yoga Presswari dan Slamet Asrori, mengatakan ada dua cara kemas rajungan dan kepiting yang dilakukan di Aiting Seafood.

Baca juga:

1. Cara kemas dalam keadaan masih hidup

Kepiting dan rajungan yang masih hidup kerap dipilih oleh konsumen sebagai jaminan kualitas dagingnya masih segar dan terjaga.

"Kalau ada yang minta rajungan dalam keadaan hidup, kita bungkus pakai plastik, baru diberi air asin dan oksigen," kata Slamet saat ditemui oleh Kompas.com di studio Foodplace Kompas.com pada Senin (9/5/2022).

Sementara pengemasan kepiting hidup dinilai lebih mudah, yakni hanya memerlukan kotak berbahan stirofoam.

"Kalau pengiriman kepiting hidup-hidup, kotak stirofoam dilubangi biar ada oksigen," kata Putri saat ditemui oleh Kompas.com di studio Foodplace Kompas.com pada Senin (9/5/2022).

Putri mengatakan pengemasan kepiting dan rajungan dalam keadaan hidup baru akan dilakukan saat jasa kirim barang sudah datang ke gudang produksi Aiting Seafood.

Hal ini dilakukan supaya barang masih tetap segar saat diterima oleh konsumen dan meminimalisir risiko matinya kepiting dan rajungan.

Baca juga:

2. Cara kemas kepiting dan rajungan beku

Putri mengatakan tidak ada perbedaan cara kemas kepiting dan rajungan yang dipesan dalam keadaan sudah mati.

"Kalau sudah mati, kepiting dan rajungannya dalam keadaan fresh frozen, dikemas menggunakan es batu biar kualitasnya terjaga," katanya.

Kepiting dan rajungan nantinya akan dikemas di dalam kotak berbahan stirofoam dengan tumpukan es pada bagian atas dan bawah barang.

"Kita juga pakai ice gel supaya lebih dingin dan es yang digunakan awet," katanya. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com