Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Brownies Panggang agar Tidak Terlalu Keras dan Padat

Kompas.com - 21/04/2022, 09:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Brownies panggang biasa dijual di toko roti. Bahan brownies panggang cukup sederhana, seperti membuat brownies pada umumnya. 

Hanya saja, kamu perlu memerhatikan beberapa hal dalam membuat brownies panggang agar hasilnya tidak terlalu keras dan padat. 

Baca juga:

Salah satunya, selalu perhatikan penggunaan suhu oven pada saat memanggang adonan brownies agar matang merata. 

Selengkapnya, simak cara bikin brownies panggang lembut di mulut dilansir dari beberapa sumber berikut ini. 

 Ada banyak cara membuat brownies padat dan anti-gagal yang perlu kamu ketahui. Salah satunya adalah mengayak bahan kering dengan baik. SHUTTERSTOCK/New Africa Ada banyak cara membuat brownies padat dan anti-gagal yang perlu kamu ketahui. Salah satunya adalah mengayak bahan kering dengan baik.

1. Jangan kocok bahan terlalu lama 

Dilansir dari buku "Kue Populer Oleh-oleh Khas Bandung" (2013) oleh Albertin Hoesni terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, cara membuat brownies panggang agar hasilnya tidak retak adalah jangan melakukan pengadukan atau pengocokkan bahan terlalu lama. 

2. Gunakan cokelat yang sudah benar-benar leleh 

Salah satu bahan brownies panggang adalah cokelat. Kalau kamu menggunakan cokelat batang, lelehkan cokelat hingga benar-benar leleh sebelum menuangkan esens atau pasta lainnya. 

Baca juga:

3. Olesi loyang dengan margarin

Cara membuat brownies panggang agar tidak lengket di loyang adalah gunakan kertas roti sebagai alas cetakan. Setelah itu, olesi setiap sisi dalam cetakan dengan margarin. 

Taburi cetakan dengan tepung terigu. 

Makanan panggang seperti biskuit, kue, atau brownies termasuk makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.SHUTTERSTOCK/ALP AKSOY Makanan panggang seperti biskuit, kue, atau brownies termasuk makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

4. Tuang adonan setinggi 3/4 cetakan 

Ada tips membuat brownies panggang agar hasilnya tidak terlalu padat dan keras yaitu tuang adonan brownies hingga 3/4 bagian saja.

Pastikan proses matang dari brownies panggang sempurna sehingga saat dikeluarkan dari cetakan hasilnya tidak terlalu keras. 

Baca juga:

5. Cara panggang brownies

Kamu tentu saja tidak boleh sembarangan dalam memanggang brownies. Dilansir dari buku "Seri Makanan Trendi untuk Usaha Boga - Fancy Brownies" (2013) oleh Indriani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Pastikan temperatur dan lama waktu memanggang benar-benar sesuai dengan resep.

Kalau kue sudah matang di bagian dalamnya sementara di bagian luarnya belum matang sempurna. Pindahkan kue ke bagian atas rak oven supaya bagian atasnya cepat matang.

Buku "Kue Populer Oleh-oleh Khas Bandung" (2013) oleh Albertin Hoesni terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

Buku "Seri Makanan Trendi untuk Usaha Boga - Fancy Brownies" (2013) oleh Indriani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com