Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/04/2022, 21:03 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bukan sekadar gaya hidup, mengonsumsi kopi sudah menjadi kebutuhan bagi beberapa orang.

Oleh sebab itu, tidak heran bila kopi sudah biasa dijadikan konsumsi harian oleh banyak orang, termasuk selama bulan puasa.

Sayangnya, sifat kopi berbeda dengan air putih yang aman dikonsumsi kapan saja, tak terkecuali saat buka puasa.

Robby Firlian, Professional Barista and Coffee Enthusiast, membagikan tips minum kopi saat buka puasa agar aman bagi tubuh.

"Biasanya selama bulan puasa itu kita buka dulu dengan yang manis-manis, baru minum kopi," kata Robby dalam acara virtual peluncuran Omela Foaming Milk Professional, Rabu (13/4/2022).

Ia melanjutkan, ada dua jenis kopi yang umum ditemukan, yakni white coffee dan black coffee. Menurutnya, kopi yang aman dikonsumsi saat buka puasa adalah white coffee.

Baca juga:

Salah satu produsen biji kopi ekselsa di Indonesia ada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.Unsplash/Michael c A3K6lK Salah satu produsen biji kopi ekselsa di Indonesia ada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

"Kalau untuk kopi pas buka puasa itu kita harus cari yang jenis white coffee dulu, yang tidak terlalu strong," kata Robby.

Dikutip dari Wise Geek, white coffee biasanya dibuat dari biji kopi putih yang tidak dipanggang, melainkan dipanaskan dengan suhu rendah dalam waktu lama.

Warna akhir biji kopi kemudian menjadi pucat dan kecoklatan. Rasanya pun tidak terlalu pahit.

Selain itu, white coffee juga biasa dibuat menggunakan campuran susu atau krim sehingga warnanya tidak begitu pekat, seperti latte dan cappuccino.

Roby mengatakan, tidak masalah untuk meminum kopi hitam atau black coffee bila sudah  mengonsumsi jenis white coffee, 

Dikutip dari Healthline, black coffee berasal dari biji kopi yang disangrai, digiling, dan direndam untuk mengurangi kandungan kafeinnya.

Black coffee juga cocok dicampur dengan bahan lainnya, seperti gula, susu, dan krimer.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com