Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Simpan Biji Kopi agar Tahan hingga Satu Tahun, Tips dari Barista

Kompas.com - 10/11/2021, 15:06 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bukan hanya bubuk kopi dalam kemasan yang bisa disimpan berbulan-bulan, biji kopi juga bisa disimpan lama di rumah.

Barista sekaligus Store Manager di Canabeans, Ribut Wahyudi, mengatakan bahwa biji kopi bisa disimpan hingga satu tahun ke depan setelah dipanggang dan diistirahatkan.

"Misal beans-nya kita panggang, layaknya kita istirahatkan paling cepat seminggu agar rasanya masuk semua," tutur Wahyudi saat ditemui langsung di Canabeans, Selasa (9/11/2021).

Biji kopi yang sudah dipanggang dan diistirahatkan selama satu hingga dua minggu bisa langsung disimpan.

Biji kopi bisa disimpan dengan mudah di rumah. Namun, Wahyudi yang sudah berprofesi menjadi barista selama belasan tahun tersebut mengatakan, setidaknya ada empat hal yang harus dihindari saat akan menyimpan biji kopi.

"Musuh kopi ada empat, yaitu panas, kelembaban, cahaya, dan air. Hindari itu," kata Wahyudi.

Wahyudi menuturkan, biji kopi bisa disimpan di tempat bersuhu ruang untuk menghindari empat musuh kopi tersebut.

"Suhu temperatur ya normal, balik lagi biji kopinya, balik lagi ke variabel empat tadi. Ada yang harus adem, dingin, standar mutlaknya sebenarnya ada tetapi semakin ke sini itu semua tidak bisa dikatakan mutlak," jelas Wahyudi.

Baca juga:

ilustrasi kopi hitam, biji kopi, dan bubuk kopi. SHUTTERSTOCK/Alex Veresovich ilustrasi kopi hitam, biji kopi, dan bubuk kopi.

Sebelum menyimpan biji kopi di tempat bersuhu ruang, biji kopi harus dimasukkan ke dalam wadah tertutup terlebih dahulu.

"Kalau bisa di tempat yang ada sealed-nya, kayak Tupperware, tertutup rapat," ujar Wahyudi.

Biji kopi kemudian bisa disimpan hingga satu tahun ke depan. Menurut Wahyudi, kualitas biji kopi yang sudah disimpan hingga setahun tidak akan menurun.

Namun, kesegaran olahan biji kopi yang sudah disimpan hingga berbulan-bulan akan berbeda dengan biji kopi yang langsung diolah dan disajikan setelah dipaggang.

"Itu bisa tahan setahun, dalam artian bukan layak gak layak ya, yang beda ini cuma freshness ini," kata Wahyudi.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com