Kompas.com - 13/04/2022, 16:02 WIB

KOMPAS.com - Garang asem merupakan makanan khas Jawa Tengah. Umumnya, bahan protein utama garang asem adalah daging ayam kampung.

Namun, kamu juga bisa menggunakan bahan atau sumber protein lainnya untuk membuat garang asem.

Menurut Sous Chef ARTOTEL Thamrin Jakarta Nurroji, setidaknya ada tiga bahan yang cocok dijadikan garang asem, seperti berikut ini.

Baca juga:

1. Ayam

Sama seperti garang asem kebanyakan, kamu bisa menggunakan ayam sebagai bahan utamanya.

Menurut Nurroji, setidaknya ada dua jenis ayam yang bisa diolah menjadi garang asem, yakni ayam broiler dan ayam kampung.

Namun, durasi mengukus dua jenis ayam tersebut berbeda. Ayam broiler hanya perlu dikukus selama 30 menit, sementara ayam kampung setidaknya harus dimasak selama 45 menit.

"Ayam itu biasanya dipotong-potong dulu biar meresap bumbunya. Tetap dengan tulangnya (jangan filet) agar lebih terasa," ujar Nurroji dalam live Instagram GEDOR "Grebek Dapoer" @my.foodplace, Senin (11/4/2022).

Baca juga:

2. Ikan

 Garang Asam Labuan Rasa, menu kolaborasi Seribu Rasa dan Chef Chandra Yudasswara.DOK. SERIBU RASA Garang Asam Labuan Rasa, menu kolaborasi Seribu Rasa dan Chef Chandra Yudasswara.

Selain ayam, ikan juga biasa digunakan sebagai bahan utama untuk membuat garang asem.

Kamu bisa menggunakan banyak jenis ikan, seperti ikan kakap, ikan nila, ikan mas, ikan patin, hingga ikan tenggiri.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.