Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Rendang Goes to Europe Gandeng Branding Wonderful Indonesia

Kompas.com - 25/03/2022, 17:32 WIB
Silvita Agmasari

Editor

KOMPAS.com - Program Rendang Goes to Europe yang diinisiasi oleh Duta Besar RI untuk Bulgaria, Makedonia Utara, dan Albania, Iwan Bogananta memasuki babak baru. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyambut baik Kick Off Rendang Goes to Europe sebagai pilot project mendunianya kuliner nusantara.

Logo Wonderful Indonesia turut digunakan dalam kemasan rendang untuk memperkuat branding rendang di pasar internasional. 

"Penggunaan logo Wonderful Indonesia dalam kampanye Rendang Goes to Europe merupakan bagian dari program Friends of Wonderful Indonesia (FoWI), yakni mempromosikan Indonesia melalui jalur pariwasata," ujar Sandiaga.

Rendang Goes to Europe menjadi bagian dari gerakan nasional Indonesia Spice Up The World (ISUTW) yang diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 2021 lalu. 

Baca juga:

ISUTW adalah sebuah gerakan nasional yang sedang diusung pemerintah untuk tujuan meningkatkan nilai ekonomi di pariwisata, perdagangan dan investasi melalui industri gastronomi.

“Semoga ke depan tidak hanya rendang, tapi juga kuliner produk UMKM Indonesia lainnya dapat dikenal dunia dan dinikmati seluruh diaspora Indonesia yang ada di belahan dunia,” lanjut Sandiaga.

Pemilik Bella Ltd, Dimitri Vintzilaio yang bekerja sama dalam program ini, menyebutkan makanan Indonesia memiliki varian dan cita rasa khas.

Dimitri berniat menggarap seuruh makanan khas Indonesia dan meminta dukungan penuh dari seluruh stakeholder di Indonesia. 

"Pasar kami tidak hanya di Eropa, namun akan kami lebarkan sampai ke Timur Tengah dan Afrika,” ungkapnya.

Pakar kuliner tanah air, William Wongso selaku mitra partner Bella Ltd menambahkan, proses pembuatan rempah di Indonesia akan menggandeng usaha mikro, kecil dan menengah yang bergerak dalam produksi bumbu rendang. 

“Bahkan, Walikota Payakumbuh, Sumatera Barat, siap mengalokasikan pengusaha UMKM di sana untuk membantu proses produksi bumbu dengan quality control yang akan kita patok dengan standar cukup tinggi,” paparnya.

Ilustrasi rendang kerang. Dok. Sajian Sedap Ilustrasi rendang kerang.

Sementara Iwan menyatakan, pasar produk Indonesia sangat terbuka di Eropa. 

Pilot project dengan produk rendang ini diharapkan akan membuka pintu pasar produk Indonesia melalui Bulgaria ke pasar dunia. 

"Mengusung semangat ‘Rendang Goes Global’, nilai tambah akan kembali untuk bangsa dan masyarakat Indonesia. Dari rakyat untuk rakyat, kembali kepada rakyat Indonesia, merangkul UMKM memajukan bangsa,” kata Iwan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com