Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2022, 19:16 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Scone merupakan salah satu camilan wajib saat afternoon tea. Camilan yang terkenal dari Inggris ini terbilang mudah dibuat.

Scone biasanya dibuat beberapa saat sebelum disajikan, supaya teksturnya renyah dan rapuh, tetapi lembut di dalam.

Meskipun tampak sederhana, tapi tak jarang ada sebagian orang yang mengolah scone dengan teknik yang salah. Alhasil, scone menjadi tidak mengembang atau bahkan berubah menjadi roti.

Executive Sous Chef The Sultan Hotel and Residence Jakara Eric Kusnadi mengatakan, gagalnya hasil scone biasanya terjadi disebabkan oleh kesalahan berikut:

Baca juga:

1. Terlalu lama mengaduk adonan scone

Eric mengatakan, apabila adonan scone terlalu lama diaduk, maka mentega yang digunakan akan meleleh, sehingga dapat mengikat tepung dan adonan.

"Tepung bertemu dengan mentega yang meleleh akan saling mengikat satu sama lain, ini yang menjadi penyebab adonan tidak mengembang," kata kata Eric saat ditemui oleh Kompas.com di The Sultan Hotel and Residence Jakarta pada Jumat (11/3/2022).

Tidak hanya itu, terlalu lama mengaduk adonan akan membuat adonan menjadi kalis, sehingga hasil akhir saat dipanggang akan mengambang seperti roti.

"Kalau adonan roti, kita uleni sampai kalis biar teksturnya bagus. Sedangkan kalau scone, teksturnya pecah," katanya. 

Menurutnya, tidak ada waktu patokan untuk mengaduk adonan scone, karena scone hanya diaduk seadanya hingga semua bahan tercampur rata. 

Baca juga:

2. Tidak menjaga suhu adonan scone

Eric mengatakan, suhu merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil akhir scone, karena scone berasal dari negara bersuhu dingin.

"Kemungkinan besar berpengaruh (suhu), dia kan makanan dari daerah dingin, kondisi bahan yang digunakan pun dingin. Sehingga lebih mudah membuatnya," katanya.

Sementara Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki suhu lebih hangat, sehingga adonan scone perlu dijaga suhunya supaya tetap dingin.

Tidak hanya suhu adonan, tetapi juga dari bahan yang digunakan, serta suhu ruangan tempat membuat scone.

"Kalau di dapur hotel, suhu dapurnya dingin karena pakai AC, jadi bagus hasilnya, Berbeda hasilnya saat dibuat di dapur rumah, karena suhunya lebih panas," katanya.

Oleh karena itu, Eric menyarankan untuk mendinginkan  bahan yang akan diolah terlebih dahulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com