Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2022, 13:13 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Ada beberapa hal yang dapat memengaruhi hasil bolu kukus. Selain penggunaan bahan, cara mengukus bolu pun perlu menjadi pertimbangan. 

Jika cara mengukusnya keliru, bolu menjadi bantat dan tidak mekar sempurna. Bahkan bolu tersebut dapat mengempis setelah diangkat dari kukusan. 

Baca juga:

Sebagai panduan, berikut cara mengukus bolu dengan tepat menurut Anis Kurniawan, Pastry Chef dari Hotel Sheraton Bandung.

Metode kukus bisa menjadi alternatif memasak tanpa minyak goreng.SHUTTERSTOCK/ Aleksandr Mokhnachev Metode kukus bisa menjadi alternatif memasak tanpa minyak goreng.

1. Panaskan kukusan terlebih dulu

Sebelum memasak adonan, kukusan perlu dipanaskan dulu sampai airnya mendidih. Jika tidak adonan bolu akan bantat atau tidak mengembang. 

"Pembuatan bolu kukus itu, sebelum kita masukkan adonan steamer itu harus sudah panas. Airnya sudah mengepul, baru adonan yang sudah dicetakan baru kita susun. Jangan dari awal kita masukin terus kita nyalain, itu enggak akan mengembang," terang Anis kepada Kompas.com, Rabu (04/03/2022).

Baca juga:

2. Lapisi tutup dengan lap lembap 

Tutup steamer atau dandang yang digunakan untuk memasak bolu sebaiknya dilapisi dengan lap lembap. Hal ini perlu dilakukan agar uap air tidak menetes ke adonan bolu.

Pasalnya, uap yang menetes ke adonan dapat membuat bolu bantat dan tidak mengembang. 

"Kalau bisa cover atau si tutup steamer-nya ini biasakan orang suka pakai kain ya, kain lembap atau apa. Itu fungsinya biar uapnya itu tidak menetes ke atas adonan bolu kukus," ujar Anis.

Baca juga:

Ilustrasi bolu kukus mekar merekah.DOK.SHUTTERSTOCK/Puspa Mawarni168 Ilustrasi bolu kukus mekar merekah.

 

3. Durasi mengukus 

Waktu mengukus bolu pun perlu diperhatikan agar adonan merekah dan matang sampai dalam.

Anis menjelaskan bahwa rata-rata bolu kukus matang dalam 15-20 menit. Namun hal tersebut pun tergantung kukusannya.

"Kalau waktu itu biasanya 15-20 menit, tergantung tapi itu. Kalau dia sudah mengepul banget, kita tata di atas terus kita tutup rapat, itu kita timer maksimal 15 menit sudah oke," tuturnya.

Selain itu, pastikan pula untuk memakai api sedang agar bolu matang sempurna. 

Baca juga: Resep Bolu Kukus Putih Telur, Pakai Sisa Bikin Lapis Legit

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com