Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Kue Kamir Tanpa Tape yang Empuk dan Lembut

Kompas.com - 11/02/2022, 07:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kue kamir atau khamir merupakan oleh-oleh khas Pemalang yang awalnya dibuat oleh orang keturunan Arab yang bertempat di sana.

Resep kue basah yang satu ini terbuat dari terigu, tape singkong, telur, dan mentega sebagai bahan utamanya. Namun, kamu bisa ikuti resep kue kamir tanpa tape yang praktis untuk dipraktikkan.

Resep kue kamir ini bisa kamu coba untuk membuat hidangan teman ngeteh di sore hari.

Baca juga:

Dilansir dari buku “Pusaka Kuliner Nyonya Rumah 1200 RESEP MASAKAN DAN KUE LEGENDARIS” (2013) oleh Nyonya Rumah terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada cara bikin kue kamir tanpa tape yang empuk dan lembut.

Resep kue kamir tanpa tape

Bahan:

  • 300 gram tepung terigu
  • 5 gram gist atau ragi kering
  • Gula secukupnya
  • 1 butir telur ayam
  • Garam secukupnya
  • 300-350 ml santan dari ½ kelapa
  • Nangka iris secukupnya
  • Pewarna kuning secukupnya

Cara membuat kua kamir tanpa tape

  1. Siapkan mangkuk kecil untuk melarutkan ragi kering. Gunakan satu gelas air hangat kuku untuk melarutkan ragi kering. Bubuhi dengan satu sendok teh gula pasir. Diamkan kira-kira selama 30 menit.
  2. Campurkan larutan ragi kering dengan tepung, uleni hingga menjadi adonan licin, diamkan selama dua jam atau hingga adonan melar. Bubuhi gula secukupnya.
  3. Di lain wadah, kocok telur dan santan hingga menjadi adonan agak cair. Bubhi dengan garam. Campurkan ke dalam adonan tepung. Setelah itu, diamkan selama 25 menit.
  4. Panaskan cetakan kue kamir atau bisa menggunakan cetakan kue lumpu. Tuang adonan sedikit demi sedikit, taruh beberapa iris nangka. tutup wajan. Kalau kue sudah matang, sodet.

Baca juga:

Buku “Pusaka Kuliner Nyonya Rumah 1200 RESEP MASAKAN DAN KUE LEGENDARIS” (2013) oleh Nyonya Rumah terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com