Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Cakwe Tanpa Ragi, Bisa buat Topping Bubur Ayam

Kompas.com - 02/02/2022, 10:06 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cakwe merupakan penganan gurih yang banyak dijual di pasar hingga restoran.

Di Indonesia, cakwe biasanya dijadikan makanan pendamping bubur ayam. Selain itu, cakwe juga umum disajikan bersama saus cair.

Kudapan yang digoreng hingga kecokelatan ini bukan sepenuhnya berasal dari Indonesia. Cakwe diketahui merupakan makanan yang berasal dari pengaruh Tingohoa.

Masyarakat China biasa mengenal cakwe dengan sebutan yutiao atau roti stik goreng.

Kamu bisa membuat cakwe sendiri di rumah. Tanpa menggunakan ragi, cakwe yang dihasilkan bisa mengembang sempurna dengan bantuan baking powder dan amonium karbonat.

Selengkapnya, simak resep cakwe dari buku "Kitab Lengkap Masakan Cina" (2012) oleh Great! Kitchen terbitan Galang Press Media Utama berikut ini.

Baca juga:

Resep cakwe

Bahan:

  • 500 gr tepung terigu
  • 6 gr baking powder
  • 12 gr gula
  • 10 gr garam
  • 6 gr amonium karbona
  • 300 gr air

Cara membuat cakwe

1. Campur tepung terigu dan baking powder, ayak dan sisihkan. Masukkan gula, garam, dan amonium karbonat ke dalam air, larutkan sampai benar-benar larut.

2. Aduk campuran tepung terigu dan baking powder dengan larutan yang sudah disiapkan. Aduk selama sembilan menit sampai kalis. Diamkan 30 menit, tutup dengan plastik.

3. Uleni adonan sekitar satu menit. Tutup rapat adonan dengan plastik dan diamkan selama 8-14 jam.

4. Siapkan adonan. Pipihkan kira-kira setebal setengah sentimeter, lalu potong selebar satu setengah sentimeter atau sesuai selera. Poles dengan air tipis-tipis pada salah satu permukaannya.

5. Susun dua, tekan tengah-tengahnya, tarik menurut selera. Goreng dalam minyak panas bersuhu 185 derajat celsius sampai matang. Sajikan hangat.

Baca juga:

Buku "Kitab Lengkap Masakan Cina" (2012) oleh Great! Kitchen terbitan Galang Press Media Utama tersedia online di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com