Kompas.com - 01/02/2022, 14:03 WIB

KOMPAS.com - Siu mie, atau biasa disebut dengan mi panjang umur merupakan salah satu kuliner khas perayaan Imlek. Sekilas, sajian ini mirip dengan mi goreng biasa, tetapi ada pembedanya.

Mi panjang umur yang dimasak tidak boleh putus. Apabila terputus, dipercaya dapat mengurangi usia seseorang. Oleh karena itu, perlu kehati-hatian dalam memasak mi panjang umur. 

Tidak sulit membuat mi panjang umur. Apabila kamu ingin mencoba membuat di rumah, simak resep mi panjang umur melansir laman Food&Wine berikut.

Baca juga:

Resep mi panjang umur

Bahan mi panjang umur

  • 2 liter air
  • 141 gram taoge
  • 7 gram garam (1,5 sendok teh)
  • 224 gram mi telur cina segar (bisa diganti dengan mi telur biasa)
  • 240 ml kaldu ayam
  • 1 sendok makan ditambah 1/2 sendok teh kecap asin
  • 1/2 sendok teh minyak wijen
  • 1 sendok makan minyak kacang (bisa diganti dengan minyak zaitun)
  • 1 cm jahe (memarkan)
  • 114 gram kacang polong salju
  • 3 buah kacang polong air tawar besar (iris setebal 1 cm)

Cara membuat mi panjang umur

1. Didihkan air di dalam panci berukuran besar, lalu rendam taoge selama 10 detik di dalam air mendidih menggunakan saringan. Kemudian bilas taoge dengan air dingin, dan tiriskan.

2. Tambahkan garam ke dalam panci, lalu didihkan kembali. Masukkan mi dan masak  selama satu menit.

3. Setelah mi matang, angkat dan bilas mi menggunakan air dingin, lalu tiriskan.

4. Siapkan mangkuk kecil, kemudian campurkan kaldu ayam dengan kecap asin dan minyak wijen untuk membuat saus. Sisihkan.

5. Panaskan wajan di atas kompor menggunakan api besar selama 45 detik, lalu tambahkan minyak kacang dan aduk hingga minyak melapisi permukaan wajan.

6. Masukkan jahe yang sudah dimemarkan, dan masak selama 10 detik. Kemudian tambahkan kacang polong, tumis kembali sampai kacang berubah warna menjadi hijau terang sekitar satu menit.

7. Tambahkan kacang polong air tawar dan tumis selama 30 detik, lalu masukkan taoge dan tumis kembali selama satu menit.

8. Tuang saus minyak wijen ke dalam wajan, lalu masak hingga mendidih. Tambahkan mi ke dalam wajan, dan tumis sampai bumbu dan saus menyerap ke dalam mi.

9. Matikan api kompor dan pindahkan mi ke piring. Mi panjang umur siap disajikan.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.