Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Saat Membuat Muffin, Hasilnya Jadi Padat dan Keras

Kompas.com - 24/12/2021, 11:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Muffin merupakan kue yang terbuat dari bahan dasar yaitu tepung, mentega, gula, susu, dan telur. Cara membuat muffin cukup mudah.

Namun, kamu perlu memerhatikan beberapa hal agar hasilnya tidak berujung gagal.

Berikut Kompas.com rangkum, penyebab muffin gagal yang bisa membuat hasilnya padat dan keras seperti yang dilansir dari buku “Sukses Membuat Aneka Kue” (2014) oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga:

1. Terlalu banyak cairan pada adonan muffin

Kesalahan saat membuat muffin yang pertama adalah terlalu banyak menggunakan bahan cair. Takaran bahan cair yang tidak pas atau terlalu berlebihan membuatnya keras saat dipanggang.

2. Oven yang digunakan kurang panas

Suhu oven saat memanggang adonan muffin juga perlu diperhatikan. Pasalnya, kalau suhunya kurang panas bisa menyebabkan adonan lama mengembang.

Selain itu, adonan juga menjadi lama matang sehingga teksturnya menjadi keras dan terlalu padat.

3. Adonan muffin terlalu lama diaduk

Aktivitas mengaduk adonan mungkin menjadi kegiatan baking favoritmu. Namun, tidak perlu terlena atau berlama-lama dalam proses mengaduk adonan.

Misalnya saja, adonan muffin yang diaduk terlalu lama bisa membuatnya keras dan padat setelah dipangang.

Terlebih kalau bahan utama dalam membuat muffin adalah tepung whole wheat atau havermut. Sebaiknya, aduk adonan hanya sampai tidak menggumpal dan semua bahan tercampur rata.

Baca juga:

4. Menggunakan tepung terigu protein tinggi

Salah satu bahan utama membuat muffin adalah tepung terigu. Gunakan jenis tepung terigu yang benar agar hasilnya tidak keras dan padat.

Jenis tepung terigu untuk membuat muffin adalah tepung terigu protein sedang. Hindari menggunakan tepung terigu protein tinggi.

5. Menggunakan bahan pengembang yang terlalu banyak

Pastikan, kamu menggunakan resep yang memuat bahan dan cara membuat yang tepat. Pasalnya, menggunakan bahan pengembang untuk membuat muffin yang terlalu banyak bisa membuatnya menjadi keras.

Terutama, kalau bahan yang digunakan tidak di aduk sampai rata.

Buku “Sukses Membuat Aneka Kue” (2014) oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com