Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susu Kental Manis, Sarapan Nikmat untuk Aktivitas Harian

Kompas.com - 20/11/2021, 16:00 WIB
Inang Sh ,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Susu kental manis bisa menambah kenikmatan sarapan. Sayangnya aktivitas makan di pagi hari ini kerap kali dilewatkan beberapa orang dengan alasan menghemat waktu.

Padahal, sarapan merupakan salah satu kunci untuk memulai hari yang penuh energi karena membantu tubuh berfungsi lebih baik sebelum beraktivitas seharian.

Mengutip Kompas.com, Selasa (3/9/2021), praktisi kebugaran Jansen Ongko mengatakan, sarapan memenuhi sekitar 15 hingga 30 persen kebutuhan gizi harian dan membantu memupuk kebiasaan pola makan yang cerdas.

Oleh karena itu, melewatkan sarapan justru membuat tubuh kurang bersemangat dan sulit berkonsentrasi.

Dilansir dari WebMD , asupan yang sehat untuk sarapan adalah karbohidrat dan protein, seperti kombinasi antara sayur dan buah bersama susu rendah lemak atau telur rebus.

Baca juga: Pakai Susu Kental Manis, Ini 5 Sarapan Lezat dan Praktis

Selain itu, hindari porsi berlebihan untuk menu sarapan pagi, terlebih jika ada aktivitas olahraga. Makan berlebihan di awal hari bisa membuat perut rentan begah dan mual.

Selain menambah energi, sarapan dengan komposisi karbohidrat dan protein yang tepat juga bisa meningkatkan kualitas otak, meningkatkan ingatan, dan menambah konsentrasi.

Tak cuma itu, sarapan juga bisa mengontrol gula darah agar tetap stabil di sepanjang hari. Sarapan pun sangat penting untuk mencegah gula darah rendah hingga penderita diabetes.

Oleh karena itu, Kompas.com merekomendasikan beberapa menu sarapan yang sehat dan praktis ditambah susu kental manis yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Oatmeal coklat tabur buah

Ilustrasi oatmeal cokelat tabur buah.Jannis Brandt Ilustrasi oatmeal cokelat tabur buah.

Banyak orang menggunakan oatmeal sebagai makanan diet. Pasalnya, makanan sejenis tepung kasar yang terbuat dari haver dikupas ini mampu mengontrol rasa lapar dan meningkatkan hormon kenyang.

Baca juga: Berbagai Variasi Menu Oatmeal untuk Bantu Diet

Dipadukan dengan susu kental manis dan buah-buahan, menu sarapan nikmat ini sangat mudah dibuat, bahkan kurang dari 10 menit. Berikut resep dan cara membuatnya.

Bahan:

  • 40 gram (gr) oats
  • 150 mililiter (ml) susu kental manis Frisian Flag Gold
  • 1 buah pisang
  • 5 buah stroberi
  • 5 buah leci
  • 2 buah kurma
  • Sejumput garam
  • 3 keping biskut coklat
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan panci dengan api kecil, masukkan susu kental manis Frisian Flag Gold 150 ml, air 100 ml, oats 40 gr, kurma 2 buah, garam sesuai selera lalu aduk secara merata
  2. Masukan adonan yang berisi susu kental manis ke dalam mangkok. 
  3. Haluskan tiga keping biskuit cokelat dan taburkan di atas adonan
  4. Tambahkan pisang 1 buah, 5 buah stroberi, dan 5 buah leci yang telah dipotong kecil sesuai selera. Oatmeal coklat dan taburan buah siap untuk dihidangkan

2. Smoothie mangga dan stroberi

Ilustrasi smoothie mangga.
Elena Veselova Ilustrasi smoothie mangga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com