Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Ide Bahan untuk Adonan Isi Tahu Bakso, Salah Satunya Udang

Kompas.com - 30/10/2021, 12:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak ide bahan yang bisa kamu gunakan untuk ditambahkan dalam adonan isi tahu bakso. Umumnya, menggunakan daging sapi atau ayam.

Ayu Yunita Sari selaku pemilik usaha Tahu Bakso Mantap Boss di Surabaya membagikan beberapa ide bahan yang bisa digunakan untuk membuat adonan isi tahu bakso. Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga:

1. Daging ikan

Dalam penuturannya, Ayu pernah membuat bakso ikan dengan menggunakan ikan tuna. Selain ikan tuna, bisa juga menggunakan ikan salmon untuk adonannya.

“Saya pernah bikin bakso ikan itu pakai ikan tuna. Caranya ya sama kayak bikin adonan tahu bakso gitu. Ada tepung, es batu, dan bahan lainnya.” ujar Ayu kepada Kompas.com pada Kamis (28/10/2021).

Ilustrasi tahu bakso ayam. SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGES Ilustrasi tahu bakso ayam.

Selain ikan tuna dan ikan salmon, dalam buku “85 Resep Lezat & Nikmat dari Dapur Ummu Fatima” (2015) oleh Citra Dewi Damayanti terbitan PT Gramedia Pustaka Utama memuat resep tahu bakso menggunakan teri nasi sebagai campuran adonannya.

Kamu bisa menghaluskan teri nasi yang masih basah atau menggunakannya secara utuh untuk adonan isi tahu bakso, seperti yang disebutkan dalam buku.

Ayu menambahkan juga, kalau mau menggunakan jenis ikan yang lainnya bisa. Namun, pastikan ikan dalam keadaan difilet agar lebih mudah digiling.

2. Daging udang

Ayu juga pernah membuat adonan siomay dengan menggunakan daging udang ayam.

Menurutnya, daging udang tidak perlu dicincang terlebih dahulu. Cukup gunakan utuh dan giling dengan blender bersama bahan lainnya.

“Pakai daging ayam filet, udang utuh itu saya campur jadi satu. Trus ada tepung sagu, tepung terigu, tapioka, itu saya campur jadi satu pakai blender” kata Ayu.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com