Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Ide Bahan untuk Adonan Isi Tahu Bakso, Salah Satunya Udang

KOMPAS.com - Ada banyak ide bahan yang bisa kamu gunakan untuk ditambahkan dalam adonan isi tahu bakso. Umumnya, menggunakan daging sapi atau ayam.

Ayu Yunita Sari selaku pemilik usaha Tahu Bakso Mantap Boss di Surabaya membagikan beberapa ide bahan yang bisa digunakan untuk membuat adonan isi tahu bakso. Simak penjelasannya berikut ini.

  • Resep Tahu Bakso Ayam, Ide Jualan Frozen Food Online
  • Resep Tahu Bakso Kuah Bening, Sup untuk Sahur Praktis
  • Resep Tahu Bakso Goreng Tepung Renyah Kriuk untuk Jualan

1. Daging ikan

Dalam penuturannya, Ayu pernah membuat bakso ikan dengan menggunakan ikan tuna. Selain ikan tuna, bisa juga menggunakan ikan salmon untuk adonannya.

“Saya pernah bikin bakso ikan itu pakai ikan tuna. Caranya ya sama kayak bikin adonan tahu bakso gitu. Ada tepung, es batu, dan bahan lainnya.” ujar Ayu kepada Kompas.com pada Kamis (28/10/2021).

Selain ikan tuna dan ikan salmon, dalam buku “85 Resep Lezat & Nikmat dari Dapur Ummu Fatima” (2015) oleh Citra Dewi Damayanti terbitan PT Gramedia Pustaka Utama memuat resep tahu bakso menggunakan teri nasi sebagai campuran adonannya.

Kamu bisa menghaluskan teri nasi yang masih basah atau menggunakannya secara utuh untuk adonan isi tahu bakso, seperti yang disebutkan dalam buku.

Ayu menambahkan juga, kalau mau menggunakan jenis ikan yang lainnya bisa. Namun, pastikan ikan dalam keadaan difilet agar lebih mudah digiling.

2. Daging udang

Ayu juga pernah membuat adonan siomay dengan menggunakan daging udang ayam.

Menurutnya, daging udang tidak perlu dicincang terlebih dahulu. Cukup gunakan utuh dan giling dengan blender bersama bahan lainnya.

“Pakai daging ayam filet, udang utuh itu saya campur jadi satu. Trus ada tepung sagu, tepung terigu, tapioka, itu saya campur jadi satu pakai blender” kata Ayu.

3. Daging ayam

Penggunaan daging ayam dalam membuat tahu bakso lumrah dipakai. Kamu bisa menggunakan daging ayam filet agar lebih mudah digiling dalam blender.

Ayu menyebut, jamur bisa digunakan sebagai campuran adonan isi tahu bakso.

“Kalau jamur itu bisa ditambahkan untuk campuran adonannya bukan adonannya.” tutur Ayu.

4. Daging sapi

Daging sapi juga bisanya digunakan untuk membuat campuran adonan isi tahu bakso. Ayu menyarankan untuk menggunakan daging sapi berkualitas baik.

Pasalnya, daging sapi yang sudah tidak segar bisa membuat tahu bakso memiliki rasa dan bau yang tidak enak.

“Daging sapi yang dipakai harus pilihan ya. Kualitasnya bagus. Karena kalau salah pilih daging sapi, nanti hasilnya bikin rasanya nggak enak trus ada bau nggak enaknya.” tutur Ayu.

https://www.kompas.com/food/read/2021/10/30/121100375/4-ide-bahan-untuk-adonan-isi-tahu-bakso-salah-satunya-udang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke