Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FoodStartup Indonesia 2021 Masuki Babak Final Demoday, Tahap Mencari Investor

Kompas.com - 06/10/2021, 14:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Rangkaian FoodStartup Indonesia (FSI) 2021 memasuki acara puncak dengan digelarnya Demoday

Dalam acara Demoday, para finalis FSI 2021 akan bertemu calon investor untuk mendapat permodalan guna pengembangan usaha yang mereka miliki.

Demoday FSI 2021 akan berlangsung secara hibrida dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin selama tiga hari mulai 5-7 Oktober 2021 di Hotel Marriot, Yogyakarta.

FSI sendiri merupakan agenda tahunan dari Direktorat Akses Pembiayaan Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf sejak 2016.

Baca juga: Pendaftaran FoodStartup Indonesia 2021 Dibuka, Peluang Dapat Modal Usaha Rp 10 Miliar

“Sejak tahun lalu gelaran FSI berperan sangat penting di tengah situasi pandemi COVID-19," Menparekraf Sandiaga Uno, dalam siaran pers yang diterima Rabu (6/10/2021).

"Kegiatan ini menunjukkan kerja bersama yang baik antara pemerintah, investor, dan pihak terkait lainnya dalam membantu UMKM agar tetap optimistis melewati situasi sulit ini," 

Pelaksanaan Demoday merupakan tahapan yang sangat ditunggu para finalis setelah melalui proses seleksi yang ketat sejak Maret 2021.

Apa itu Demoday di FoodStartup?

Demoday berisi rangkaian kegiatan yang terdiri atas direct mentoring, business coaching, akses permodalan, dan pemasaran bagi seluruh finalis.

Pada tahapan mentoring, FSI menghadirkan puluhan narasumber yang mempunyai keahlian di bidang kuliner, bisnis, serta ekosistemnya.

Baca juga: Tren Usaha Makanan Rumahan Meningkat Drastis Saat Pandemi

Terdapat 30 mentor yang hadir antara lain Nilamsari (Founder and CEO Sari Kreasi Boga), Ahmed Tessario Ekanuramanta (CEO Sirtanio Organik Indonesia), juga Yustinus Agung Nugroho (CEO Ultra Indonesia).

Setiap peserta akan mendapatkan ”coaching” dari masing-masing mentor yang telah ditentukan atas produk yang dimiliki.

Food Startup Indonesia 2021. Dok. Kemenparekraf Food Startup Indonesia 2021.

Program utama Demoday yang sangat dinantikan adalah pitching forum. Pada sesi ini, peserta terpilih melakukan presentasi berupa rencana bisnis dan ajuan pendanaan yang dibutuhkan di hadapan juri dan investor.

Pada sesi ini calon investor memilih calon peserta yang dinilai prospektif untuk diberikan akses pendanaan.

“Kehadiran mentor dan investor dalam Demoday menunjukkan bahwa dukungan terhadap UMKM sektor kuliner sangat besar," jelas Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Fadjar Hutomo.

"Semoga seluruh finalis dapat memanfaatkan kesempatan ini dalam mengembangkan usaha yang dijalankan ke depan," kata  Fadjar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com