Kompas.com - 22/02/2021, 22:02 WIB


KOMPAS.com - Usaha makanan sering menjadi bisnis utama atau sampingan pada masa pandemi untuk menambah pundi uang.

Survei Snapcart tentang tren masakan rumahan menyebut sebanyak 63 persen responden berencana untuk memulai bisnis makanan mereka sendiri.

Tercatat 12 bulan terakhir, data Google Trend menunjukkan pencarian terkait ide bisnis rumahan meningkat sebanyak lebih dari 300 persen. 

Sementara pencarian terkait ide bisnis makanan meningkat hingga 250 persen.

Baca juga: 3 Tips Penting agar Usaha Makanan Rumahan Bisa Sukses

“Selama 20 hari kampanye #MulaiBarengBeko digelar, puluhan pengusaha makanan rumahan di area Jabodetabek berpartisipasi dan berbagi cerita terkait usaha yang mereka geluti,” Arlisa Ardhiani, Marketing Manager PT Beko Appliances Indonesia.

Menariknya, para pengusaha ini bukan hanya fokus dalam menghadirkan produk makanan yang nikmat, tapi juga mengutamakan kualitas dan bahan makanan yang sehat.

Ilustrasi donat goreng topping gula dan kayu manis bubuk. SHUTTERSTOCK/BRENT HOFACKER Ilustrasi donat goreng topping gula dan kayu manis bubuk.

Hal ini menggambarkan minat dan kebutuhan masyarakat akan pilihan asupan yang lebih sehat juga kian meningkat.

Semangat menjalani hidup yang lebih sehat ini disebutkan Arlisa selaras dengan komitmen yang diusung Beko sebagai perusahaan.

Baca juga: Tips Mulai Usaha Makanan Online dari Pengusaha yang Sukses Saat Pandemi

Merek peralatan rumah tangga Beko, menggagas kampanye digital #MulaiBarengBeko bagi pengusaha kuliner rumahan.

Pada kampanye ini, Beko menggandeng tiga influencer kuliner yakni Chef William Gozali, Culinary Storyteller Ade Putri Paramadita, dan Top 10 Masterchef Indonesia Amy Zein untuk membantu meningkatkan jangkauan dan kecakapan pengusaha makanan.

Baca juga: 5 Tips Foto Makanan dengan Kamera Handphone, Modal untuk Jualan Online

Selama periode 25 Januari – 13 Februari 2021, puluhan pengusaha kuliner rintisan di Jabodetabek berbagi cerita terkait usaha yang dirintis dan telah mencapai tahap final.

Mulai dari keunikan produk, kendala yang dihadapi selama menjalani usaha tersebut, sampai  produk Beko dapat membantu usaha mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.