Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/09/2021, 21:06 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Oseng mercon sisa jangan buru-buru dibuang. Sebab kamu bisa menyimpan dan menghangatkannya untuk lauk esok hari. 

Cara menyimpan oseng mercon mudah saja, bahkan tidak memerlukan kulkas. 

Dyah Laily Fardisa, pemilik oseng mercon Bolo Sego membagikan tips menyimpan dan menghangatkan oseng mercon agar tetap nikmat disantap esok hari. Berikut uraiannya. 

Baca juga:

Cara menyimpan oseng mercon

Menurut Dyah, oseng mercon yang tidak habis dapat disimpan di suhu ruangan. Penyimpanan ini biasanya aman jika oseng mercon ingin disantap untuk lauk esok hari. 

"Kalau nggak habis, sebenarnya kalau suhu ketika dibuka asal sehari gitu masih nggak apa-apa sih besoknya, masih aman," jelas Dyah kepada Kompas.com (11/09/2021). 

Baca juga: 4 Cara Membuat Tetelan Empuk untuk Persiapan Hidangan Idul Adha

Meski begitu Dyah menyarankan untuk mencicip oseng mercon terlebih dulu sebelum disajikan. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa oseng mercon belum basi. 

"Tinggal diicip saja sebenarnya, asal rasanya tidak berubah, nggak asam, itu berarti masih layak konsumsi. Sebenarnya sesimpel diicip dulu," tambahnya. 

Ilustrasi oseng mercon tetelan sapi. SHUTTERSTOCK/ PUJISLAB Ilustrasi oseng mercon tetelan sapi.

Cara menghangatkan oseng mercon

Cara menghangatkan oseng mercon sesederhana menumis masakan lainnya. Namun menurut Dyah jika ingin lebih empuk, kamu dapat menambahkan sedikit air. 

"Cara manasinnya itu segampang menumis gitu, pakai minyak. Kalau misal ditambahin air terus dimasak sampai asat itu bisa juga untuk customer yang pengin lebih empuk. Kan kadang ada yang suka chewy, kadang ada yang suka empuk banget. Nah seleranya yang empuk banget ini bisa ditambahin dengan air," terang Dyah.  

Baca juga:

Dyah juga menuturkan bahwa oseng mercon yang belum dibuka sebenarnya dapat bertahan tujuh hari di suhu ruangan. Jika disimpan dalam kulkas, ketahananya bisa sampai satu bulan. 

Namun ada beberapa faktor eksternal yang dapat membuat oseng mercon basi, misalnya suhu pengiriman. 

Oleh karenanya, Dyah menyarankan kepada pelanggannya agar segera menyantap atau mencicip oseng mercon tersebut setelah sampai. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com