4 Cara Membuat Tetelan Empuk untuk Persiapan Hidangan Idul Adha

Kompas.com - 28/07/2020, 18:18 WIB
Ilustrasi tetelan daging kambing. SHUTTERSTOCK/DKROYIlustrasi tetelan daging kambing.

KOMPAS.com - Tetelan merupakan bagian daging dan lemak yang menempel pada tulang sapi atau kambing. Supaya rasanya lebih lezat, tetelan harus diolah dengan tepat agar empuk dan tidak alot, keras, maupun sulit dikunyah.

Baca juga: 10 Cara Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing buat Sajian Idul Adha

Executive Sous Chef Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa Wisnu Adiyatma menjelaskan cara mengempukkan tetelan sapi atau kambing.

“Kita bisa menggunakan daun pepaya, bisa menggunakan nanas juga jahe untuk melunakannya, karena daun pepaya, jahe dan nanas memiliki kandungan enzim di dalamnya sehingga bisa memecah protein dalam daging,” jelas Chef Wisnu Adiyatma kepada Kompas.com, Senin (27/7/2020).

Berikut beberapa cara membuat tetelan sapi atau kambing empuk yang nantinya diolah untuk hidangan utama pada perayaan Idul Adha bersama keluarga.

1. Daun pepaya

Memarkan daun pepaya terlebih dahulu sebelum marinasi tetelan. Bertujuan agar daun pepaya mengeluarkan getah yang berfungsi untuk mengempukkan tetelan.

“Kalau memarinasi tetelan dengan daun pepaya bisa memakan waktu 1 jam sampai enzim dalam daun pepaya itu keluar dan bisa memecah serat daging itu sendiri,” jelas Chef Wisnu Adiyatma.

2. Nanas

“Kalau nanas sebaiknya diblender terlebih dahulu lalu didiamkan bersama tetelan,” papar Chef Wisnu Adiyatma.

Marinasi tetelan dengan nanas cukup 30 menit. Sebab reaksi yang diberikan nanas akan memecah protein tetelan lebih cepat sehingga cepat lunak dan empuk.

3. Jahe

Kamu bisa memarkan jahe kemudian baurkan dengan tetelan dan diamkan beberapa saat.

Marinasi tetelan dengan jahe akan memengaruhi rasa dari tetelan itu sendiri.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X