Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Keistimewaan Daging Sapi Limosin? Sering Jadi Kurban Artis dan Politkus

Kompas.com - 19/07/2021, 18:19 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sapi limosin atau limousin merupakan sapi pedaging asal Perancis yang banyak diternak dan dimanfaatkan dagingnya selama Idul Adha di Indonesia.

Buku "Bangsa-bangsa Sapi" (2019) oleh Panjono terbitan PT Citra Aji Parama menyebut sapi limosin sebagai hewan yang memiliki postur tubuh ideal untuk dijadikan sapi potong.

Sapi limosin memiliki bobot lahir yang tergolong kecil hingga medium, yaitu 39 kilogram untuk betina dan 42 kilogram untuk sapi limosin jantan.

Baca juga: Apa Itu Sapi Limosin? Sapi Kurban Sumbangan Presiden Joko Widodo

Meski demikian, sapi limosin termasuk sapi besar yang proses pertumbuhannya bisa lebih cepat. Pertambahan bobot sapi limosin per hari sekitar 1,0-1,4 kilogram.

Oleh karena itu, tidak heran bila sapi limosin jantan dewasa bisa mencapai bobot hingga 1,1 ton dengan tinggi 160 sentimeter. 

Sapi limosin dikenal dengan kualitas daging yang bagus. Menurut buku "Beternak Sapi Limousin" (2014) oleh Purnawan Yulianto dan Cahyo Saparinto terbitan Penebar Swadaya, daging sapi limosin memiliki tekstur yang empuk dan lezat.

Baca juga: Ciri Khas Sapi Limosin yang Beratnya Bisa Capai Lebih dari 1 Ton

Bobot sapi limosin cukup besar dan ukurannya yang tinggi membuat sapi limosin memiliki daging dalam jumlah yang banyak.

Tidak hanya lezat, daging sapi limosin juga rendah lemak. Diketahui potongan daging sapi limosin besar 95 persen bebas lemak.

Presentase karkas daging sapi limosin cukup tinggi, yaitu sekitar 48-55 persen. Dalam pengolahannya, daging sapi limosin banyak dijadikan sebagai steak.

Baca juga: Cara Rebus Jeroan Kambing dan Sapi untuk Hilangkan Bau, Rebus 2 Kali

Harga sapi limosin bobot 1 ton di Jakarta berkisar Rp 90 juta per ekor saat Idul Adha. Sementara harga sapi limosin termahal tercatat 360.000 dollar AS atau setara Rp 5 miliar. 

Sapi betina asal Inggris bernama Wilodge Poshspice yang berusia 14 bulan tersebut, memecahkan rekor dunia sebagai sapi termahal di Inggris dan Eropa menurut British Limousin Cattle Society.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com