Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membuat Tetelan Empuk untuk Persiapan Hidangan Idul Adha

Kompas.com - 28/07/2020, 18:18 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tetelan merupakan bagian daging dan lemak yang menempel pada tulang sapi atau kambing. Supaya rasanya lebih lezat, tetelan harus diolah dengan tepat agar empuk dan tidak alot, keras, maupun sulit dikunyah.

Baca juga: 10 Cara Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing buat Sajian Idul Adha

Executive Sous Chef Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa Wisnu Adiyatma menjelaskan cara mengempukkan tetelan sapi atau kambing.

“Kita bisa menggunakan daun pepaya, bisa menggunakan nanas juga jahe untuk melunakannya, karena daun pepaya, jahe dan nanas memiliki kandungan enzim di dalamnya sehingga bisa memecah protein dalam daging,” jelas Chef Wisnu Adiyatma kepada Kompas.com, Senin (27/7/2020).

Berikut beberapa cara membuat tetelan sapi atau kambing empuk yang nantinya diolah untuk hidangan utama pada perayaan Idul Adha bersama keluarga.

1. Daun pepaya

Memarkan daun pepaya terlebih dahulu sebelum marinasi tetelan. Bertujuan agar daun pepaya mengeluarkan getah yang berfungsi untuk mengempukkan tetelan.

“Kalau memarinasi tetelan dengan daun pepaya bisa memakan waktu 1 jam sampai enzim dalam daun pepaya itu keluar dan bisa memecah serat daging itu sendiri,” jelas Chef Wisnu Adiyatma.

2. Nanas

“Kalau nanas sebaiknya diblender terlebih dahulu lalu didiamkan bersama tetelan,” papar Chef Wisnu Adiyatma.

Marinasi tetelan dengan nanas cukup 30 menit. Sebab reaksi yang diberikan nanas akan memecah protein tetelan lebih cepat sehingga cepat lunak dan empuk.

3. Jahe

Kamu bisa memarkan jahe kemudian baurkan dengan tetelan dan diamkan beberapa saat.

Marinasi tetelan dengan jahe akan memengaruhi rasa dari tetelan itu sendiri.

Tetelan akan sedikit terasa pedas jika didiamkan terlalu lama, maka marinasi selama 30 menit saja.

4. Rebus dengan rempah

Kamu juga bisa menggunakan metode merebus tetelan dalam waktu lama dan campurkan dengan rempah ke dalam air rebusan. Lama waktu merebus, bisa disesuaikan dengan seleramu.

Baca juga: 4 Tips Membuat Daging Kambing Empuk dengan Bahan Alami

Semakin lama waktu perebusan akan semakin empuk tetelan. Saat direbus dengan rempah seperti jahe, rasa jahe yang pedas tidak begitu pekat. Rempah yang dicampurkan juga bisa berfungsi untuk menghilangkan bau amis dari tetelan.

“Kalau tetelan bisa direbus dari 1 jam sampai 1 1/2 jam kalau mau lebih lembut lagi kita bisa rebus lebih lama atau menggunakan panci presto,”

Pada saat awal proses pemasakan lebih baik tak perlu dicuci. Proses pencucian bisa dilakukan setelah tetelan dimarinasi.

Sebab jika terlalu lama atau sering dicuci tetelan akan sering menyimpan air dan proses masaknya akan semakin lama lalu aroma prengsu dari tetelan akan semakin kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com