Cara Hilangkan Bau Jeroan Kambing dan Sapi

Kompas.com - 28/07/2020, 17:21 WIB
Ilustrasi babat sapi Shutterstock/denio109Ilustrasi babat sapi


KOMPAS.com – Selain daging, jeroan sapi dan kambing juga bisa jadi olahan yang enak ketika dimasak dengan benar.

Namun jeroan terkenal sulit diolah karena punya aroma yang menyengat dan kotoran yang berbeda dari daging biasa. Selain itu jika salah pengolahannya, jeroan juga bisa punya tekstur yang alot.

Baca juga: Apa itu Blanching? Teknik Masak yang Bisa Hilangkan Bau Jeroan

Chef de Cuisine Hotel Indonesia Kempinski, Prasetyo Widodo memberikan beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika membersihkan jeroan agar tak bau. Ia mencontohkan cara membersihkan salah satu jeroan yakni babat.

“Babat terkadang aromanya sangat menyengat. Maka untuk membersihkannya pertama kita cuci dengan air mengalir. Kemudian yang paling baik adalah balurkan kapur sirih,” kata Prasetyo pada Kompas.com, Sabtu (25/7/2020).

Ilustrasi babat sapiShutterstock/JIANG HONGYAN Ilustrasi babat sapi

Setelah dibalur dengan kapur sirih, babat harus dicuci lagi dengan air mengalir sampai babat benar-benar bersih. Sebelumnya diamkan kapur sirih pada babat sebentar saja, jangan terlalu lama.

Dengan menggunakan air mengalir, kotoran pada babat akan terbawa turun dari babat dan tak menempel.

Sementara penggunaan kapur sirih berguna untuk merontokkan lapisan hitam pada babat sehingga terlihat benar-benar bersih.

“Setelah itu siapkan air mendidih kemudian rebus babat dengan ditambahkan sedikit beras dan daun salam. Kemudian rebus babat sampai empuk,” jelas Prasetyo.

Penggunaan beras dalam rebusan babat akan berfungsi membuat babat lebih cepat empuk. Sementara daun salam, berfungsi untuk menghilangkan bau tidak sedap pada babat.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X