Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prodi Informatika PresUniv Resmi Raih Akreditasi Internasional IABEE

Kompas.com - 07/04/2024, 13:53 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis


KOMPAS.com - Program Studi (Prodi) Informatika, Fakultas Komputer President University (Presuniv), secara resmi meraih akreditasi IABEE atau Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (7/4/2024).

IABEE adalah lembaga akreditasi mandiri yang menjadi anggota Washington Accord (WA), dan sedang dalam proses menjadi anggota Seoul Accord (SA). Keduanya adalah perjanjian multilateral di antara badan-badan penyelenggara akreditasi dari berbagai negara di dunia.

WA diberikan untuk bidang teknik (engineering), sementara SA dalam bidang computing, seperti informatika, teknologi informasi, sistem informasi, sistem komputer dan sebagainya.

“Dengan terakreditasi internasional dari IABEE, itu berarti kualitas penyelenggaraan pendidikan di Prodi Informatika sudah memenuhi standar internasional," tegas Rektor PresUniv Handa S. Abidin.

"Jadi, kuliah di Prodi Informatika, Presuniv, sudah sama dengan kuliah di berbagai perguruan tinggi terkemuka di luar negeri,” lanjuta Handa.

Dia juga menyampaikan, keberhasilan Prodi Informatika untuk terakreditasi internasional menjadi bukti nyata upaya Presuniv menjadi World Class University.

"Capaian Prodi Informatika ini tentu menggembirakan. Apalagi pada tahun sebelumnya, yakni tahun 2023, Prodi Sistem Informasi yang juga bernaung di bawah Fakultas Komputer, berhasil memperoleh akreditasi internasional dari lembaga yang sama, IABEE," ujar Handa.

“Saya berharap capaian Prodi Informatika dan Sistem Informasi ini akan mendorong prodi-prodi lain di Presuniv untuk segera terakreditasi internasional,” lanjutnya.

Dengan terakreditasi internasional, lanjut Handa, peluang karier dari lulusan Prodi Informatika dan Sistem Informasi pun menjadi lebih terbuka.

“Dengan kualitas pendidikan yang setara dengan berbagai universitas terkemuka di dunia, peluang lulusan Prodi Informatika dan Sistem Informasi untuk berkarier di perusahaan-perusahaan multinasional, baik yang ada di Indonesia atau di dunia, menjadi lebih terbuka,” paparnya.

Baca juga: 27 Prodi PPG Prajabatan 2024 di Unesa, Mulai PGSD dan Teknik

Perjalanan panjang proses akreditasi

Dekan Fakultas Komputer, President University (Presuniv), Rila Mandala, Ph.D. memaparkan perjalanan panjang Prodi Informatika untuk bisa terakreditasi internasional.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com