Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sah, Uhamka Raih Izin Pendirian Prodi Pendidikan Program Doktor

Kompas.com - 05/04/2024, 11:02 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) telah resmi menerima izin pendirian Program Studi Pendidikan Program Doktor dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Izin ini tertuang dalam Surat Keputusan Mendikbudristek Nomor 269/E/O/2024 yang diserahkan pada Kamis (4/4/2024) di Gedung LLDikti Wilayah III Jakarta.

Pencapaian ini menandakan langkah maju bagi Uhamka dalam mengembangkan pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan.

Program Doktor Pendidikan Uhamka diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, serta mampu berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan.

Seremoni penyerahan surat keputusan ini dihadiri Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Jakarta, Prof. Toni Toharudin.

Sedangkan dari Uhamka hadir Anisia Kumala (Wakil Rektor I), Prof. Nani Solihati (Wakil Rektor III), Prof. Ade Hikmat (Direktur Sekolah Pascasarjana), Ihsana El Khuluqo (Sekretaris Sekolah Pascasarjana Bidang II), dan Ahmad Suhaeri (Kepala Biro Akademik).

Prof. Toni menyampaikan selamat kepada Uhamka yang sebelumnya telah mendapatkan izin pembukaan program studi pendidikan program doktor yang kelima dari Universitas Muhammadiyah di seluruh Indonesia.

“Selamat kepada Uhamka yang telah mendapatkan SK untuk izin pembukaan program studi baru yaitu S3 Program Studi Pendidikan. Uhamka merupakan Universitas Muhammadiyah ke-5 dari seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisiyah di Indonesia yang memperoleh izin S3 Pendidikan,” ungkap Prof. Toni.

Selain itu, Prof. Toni juga menyampaikan, Uhamka harus segera mengambil langkah dalam mencapai akreditasi untuk Program Studi S3 yang baru ini sebagai status awal bagus bagi program studi tersebut.

“Setelah program studi ini berdiri, nanti harus segera dilakukan langkah-langkah dalam mengejar akreditasi sebagai status awal bagi Program Studi yang baru ini yaitu S3 Pendidikan,” ujar Prof. Toni.

Baca juga: Untar Raih 8 Penghargaan di Rakorda 2024 LL Dikti III, Salah Satunya PTS dengan Publikasi Terbaik 2023

Dalam kesempatan sama, Anisia Kumala menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada LLDikti Wilayah III yang telah membimbing Uhamka sehingga bisa membuka program studi baru di Sekolah Pascasarjana Uhamka.

“Terima kasih kepada LLDikti Wilayah III karena sudah membimbing Uhamka sehingga bisa membuka program studi baru yaitu Program Studi Pendidikan Program Doktor. Mohon arahannya agar kita bisa mengembangkan prodi ini menjadi Unggul,” pungkas Anisia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com