Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Prodi UK Maranatha Raih Akreditasi Internasional

Kompas.com - 05/04/2024, 16:21 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Kristen (UK) Maranatha menggapai akreditasi internasional untuk lima program studi (Prodi). Sebelumnya, kampus ini juga telah meraih akreditasi institusi unggul dari BAN-PT per 20 Maret 2024.

Ketua Satuan Penjaminan Mutu UK Maranatha, Joni menyebutkan, ada lima program studi yang telah terakreditasi internasional dari AQAS dan ASIIN.

Baca juga: UM Buka 3 Prodi Baru Fakultas Kedokteran di SNBT 2024, Ini Kuotanya

"Program Sarjana dan Profesi Kedokteran telah terakreditasi ASIIN, kemudian Program Sarjana Desain Interior, Program Sarjana Akuntansi, dan Sarjana Manajemen telah terakreditasi AQAS," kata dia dalam keterangannya, Jumat (5/4/2024).

Dia menegaskan, adapun tiga prodi lainnya, yaitu Program Sarjana Sastra Inggris, Sastra Jepang, dan Sastra China baru saja selesai menjalani visitasi dari AQAS bulan Februari 2024.

Joni mengatakan, akreditasi dapat menjadi proses improvement yang bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi mahasiswa dan seluruh stakeholders institusi.

Gapai akreditasi unggul

Rektor UK Maranatha, Sri Widiyantoro mengatakan, tercapainya akreditasi institusi Unggul tidak lepas dari upaya UK Maranatha meningkatkan mutu sejak beberapa tahun terakhir.

Persiapan akreditasi sudah dilakukan sejak 2020, melalui serangkaian program yang dikembangkan sebagai langkah jangka panjang.

"Perkembangan UK Maranatha beberapa tahun terakhir semakin cepat, sehingga dianggap layak untuk mengikuti proses reakreditasi," ungkap Sri.

Baca juga: Raih Akreditasi dari FIBAA, Universitas Terbuka Siap Kembangkan 4 Prodi Internasional

Dia menekankan, keunggulan universitas sangat bergantung pada sumber daya manusia (SDM) yang dimilikinya.

"Akreditasi institusi Unggul dan akreditasi internasional yang telah berhasil diraih oleh beberapa program studi membuka peluang bagi mahasiswa untuk berkarya lebih baik di masa depan, baik di dalam maupun di luar negeri," ucap Sri.

Buka prodi baru

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset UK Maranatha, Se Tin mengatakan, kampus juga membuka prodi baru jenjang pascasarjana.

"Tahun ini, UK Maranatha membuka Program Magister Teknik Sipil. Perkuliahan angkatan pertama akan dimulai pada bulan September 2024," jelas Se Tin.

Dibukanya program-program baru merupakan bagian dari inovasi Universitas untuk menyesuaikan perkembangan dan kebutuhan industri. Tahun sebelumnya, Maranatha telah membuka Program Doktor Ilmu Manajemen.

Baca juga: 5 Sekolah Internasional Terbaik di Bekasi, Bisa Jadi Pilihan Orangtua

"Jadi saat ini jenjang pendidikan di Maranatha lengkap, mulai dari diploma hingga doktor," tutup Se Tin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com