Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud: Mahasiswa Indonesia Tak Akan Ada Lagi yang Ikut Ferienjob

Kompas.com - 05/04/2024, 14:08 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Ada sebanyak 33 kampus di Indonesia yang mengirimkan 1.047 mahasiswanya ikut program magang (ferienjob) di Jerman. Padahal, ferienjob ini bukan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbud Ristek.

Belakangan ini, Bareskrim Polri mengaku ferienjob bukan magang pada umumnya melainkan modus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Baca juga: Kemendikbud: Ferienjob Bukan Program Magang MBKM, tapi Legal di Jerman

DirjePendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Kiki Yuliati menyatakan, dirinya sudah menuntaskan masalah ferienjob ini, dengan cara berkoordinasi dengan KBRI Berlin pada Mei 2023.

"Pada Oktober 2023 diterbitkan surat edaran imbauan agar perguruan tinggi menghentikan kesertaan dalam ferienjob," kata Dirjen Kiki dalam rapat kerja antara Kemendikbud Ristek dan Komisi X DPR RI, seperti dikutip dari YouTube Komisi X DPR RI, pada Kamis (4/4/2024).

Sejak saat itu, bilang dia, sudah tidak ada lagi pengiriman mahasiswa untuk ikut ferienjob. Dia juga terus memantau mahasiswa yang sudah ada di Jerman.

Dia memastikan seluruh kontrak ferienjob telah berakhir pada Desember 2023. Kiki juga memastikan sudah tidak ada lagi mahasiswa yang mengikuti ferienjob.

"Saat ini sudah tidak ada lagi mahasiswa yang di Jerman yang sedang melaksanakan ferienjob dalam perusahaan," jelas dia.

Ferienjob merupakan program magang legal dari pemerintah Jerman

Kiki menyatakan, ferienjob merupakan program legal dari pemerintah Jerman, berupa program kerja di masa libur resmi dan umumnya adalah pekerjaan repetitif yang mengandalkan fisik.

Program ini, kata dia, hanya bertujuan untuk mengisi kekurangan tenaga kerja fisik di Jerman dan tidak memberikan pengalaman budaya serta keterampilan bahasa.

Baca juga: 3 Upaya Kemendikbud Atasi Kasus Ferienjob

Terlebih, tidak ada kerangka kerja sama bilateral antar-pemerintah yang memayungi program ini.

Dengan begitu bisa berpotensi menimbulkan masalah terkait pengiriman mahasiswa Indonesia untuk mengikuti ferienjob di Jerman, terutama dalam pemenuhan hak para mahasiswa.

Hal tersebut tentu tidak sesuai dengan magang MBKM yang dilaksanakan pada saat semester berjalan dan berkontribusi terhadap nilai akademik mahasiswa.

Baca juga: Kemendikbud Kaji Pemberian Sanksi 33 PTN yang Terlibat Kasus Ferienjob

"Di sini terjadi misinformasi di masyarakat terkait Ferienjob yang dipersepsikan sebagai magang MBKM," tutup Dirjen Kiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com