Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latih Bahasa Inggris untuk Calon Pejabat Pemerintah RI, Kedubes AS Datangkan Pakar

Kompas.com - 03/04/2024, 10:50 WIB
Erwin Hutapea

Penulis

KOMPAS.com – Kantor Bahasa Inggris Regional (RELO) Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) di Jakarta menuntaskan pelatihan bahasa Inggris selama empat minggu di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, kepada para mahasiswa dan dosen Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Selesainya program ini bersamaan dengan hari jadi IPDN pada tanggal 28 Maret 2024.

Dalam pelatihan bertajuk “Spesialis Bahasa Inggris” atau “English Language Specialists” ini, Kantor RELO bermitra dengan IPDN mendatangkan dua pakar bahasa Inggris ke Indonesia, yaitu Dr. Betty Lou Leaver dan Ilyse Leland.

Berasal dari California dan Illinois, mereka mengunjungi Indonesia untuk bekerja dengan para mahasiswa dan anggota fakultas IPDN membantu pengembangan kurikulum studi penerjemahan.

Selain itu, membantu penulisan akademik untuk publikasi penelitian, wicara publik, dan persiapan ujian kemampuan berbahasa Inggris internasional, seperti IELTS dan TOEFL.

“Pengalaman bekerja dengan para pemimpin masa depan ini sungguh menginspirasi,” kata Dr. Leaver, dilansir dari siaran pers, Rabu (3/4/2024).

Sementara itu, Direktur RELO Ruth Goode mengatakan bahwa Kedubes AS mendukung program khusus semacam ini sehingga kelompok seperti mahasiswa IPDN memiliki keterampilan berbahasa.

Keterampilan itu bisa digunakan untuk berpartisipasi secara lebih efektif di Asia Tenggara dan internasional serta mendapatkan manfaat berupa beasiswa untuk belajar di luar negeri.

“Tahun ini menandai peringatan 75 tahun hubungan antara Amerika Serikat dan Indonesia, dan kami bangga dapat membangun sejarah kemitraan bilateral kami selama puluhan tahun untuk menghadirkan program berbahasa Inggris berkualitas tinggi dan dukungan kepada mitra-mitra kami di Indonesia,” ujar Ruth Goode.

Dalam upacara penutupan, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Inovasi IPDN Prof. Dr. Hyronimous Rowa, M.Si menyampaikan bahwa IPDN sangat mengapresiasi dukungan Kedubes AS dan berharap dapat melanjutkan kerja sama tersebut.

Baca juga: Benarkah Gen Z Paling Menguasai Bahasa Inggris ketimbang Milenial?

Selain ke kampus IPDN, Dr. Leaver dan Leland juga mengunjungi Sekolah Bahasa Kepolisian Negara Republik Indonesia (Sebasa Lemdiklat Polri) selama berada di Indonesia.

Di sana, mereka berbagi pengalaman dan wawasan tentang tren dan perkembangan pelatihan bahasa untuk komunitas khusus seperti polisi.

Untuk diketahui, Dr. Betty Lou Leaver berpengalaman hampir 50 tahun dalam pendidikan bahasa. Dia memiliki gelar PhD di bidang bahasa Rusia, gelar doktor dari University of Pittsburgh di bidang bahasa dan sastra Slavia, serta gelar MA di bidang perbandingan sastra.

Dia sebelumnya menjabat sebagai Administrator Akademis Senior (Provost), Wakil Rektor, dan Dekan di Defense Language Institute di California. Dia pun telah menerbitkan 100 publikasi.

Sementara itu, Ilyse Leland memiliki pengalaman lebih dari 35 tahun dalam pendidikan bahasa dan bergelar Master di bidang Kepemimpinan Instruksional, gelar B.A. di bidang Studi Timur Dekat, dan sertifikat dalam penyuntingan naskah dari University of Chicago.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com