Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Wujudkan Kampus Ramah Lingkungan, Kemendikbud Luncurkan API Sarpras PTV

Kompas.com - 31/03/2024, 13:05 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) lewat Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi mendukung terjadinya kampus ramah lingkungan.

Langkah itu akan diwujudkan dalam program penguatan peran pendidikan tinggi vokasi (PTV) dalam upaya Antisipasi Perubahan Iklim melalui Pengadaan dan Pengembangan Sarana dan Prasarana (API Sarpras PTV).

Baca juga: Kemendikbud Kaji Pemberian Sanksi 33 PTN yang Terlibat Kasus Ferienjob

"API Sarpras PTV merupakan bentuk komitmen kami dalam mendukung upaya ketahanan dan antisipasi terhadap perubahan iklim," ucap Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Kiki Yuliati dalam keterangannya, Sabtu (30/3/2024).

Program API Sarpras PTV mencakup ruang lingkup belanja modal peralatan dan mesin (sarana), belanja modal gedung, bangunan, dan kawasan (prasarana) yang ramah lingkungan dan mendukung transformasi perguruan tinggi menuju kampus ramah lingkungan (green campus).

Sebagai program baru, API Sarpras PTV bertujuan untuk mendorong dan memfasilitasi pendidikan tinggi vokasi (PTV) dalam mempercepat pengurangan emisi karbon dan menciptakan ketahanan terhadap perubahan iklim melalui pengadaan dan pengembangan sarana dan prasarana kampus.

Program ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran PTV dalam melakukan pembangunan berkelanjutan yang unggul, ramah lingkungan, dan berwawasan lingkungan.

Dirjen Kiki juga menegaskan bahwa pemerintah Indonesia telah menetapkan perubahan iklim sebagai salah satu agenda strategis nasional yang membutuhkan solusi dan penanganan serius dan berkelanjutan.

"Kami berharap program API Sarpras PTV ini dapat mendukung penguatan peran Politeknik Negeri dan Akademi Komunitas Negeri di bawah Kemendikbud Ristek secara konkret dalam upaya antisipasi perubahan iklim,” kata Dirjen Kiki.

Baca juga: Tujuan dari Kurikulum Merdeka, Kemendikbud: Sekolah Bisa Transformasi

Dia menambahkan perguruan tinggi tidak hanya berfungsi sebagai pusat pendidikan dan penelitian, tetapi juga menjadi agen perubahan sosial dan ekonomi yang dapat mempengaruhi arah dan keberlanjutan pembangunan sebuah negara.

"Melalui program ini diharapkan lahir inovasi-inovasi yang berfokus pada solusi berkelanjutan dalam mengantisipasi perubahan iklim," jelas dia.

"Yang tidak kalah penting adalah menjadikan pendidikan tinggi vokasi sebagai percontohan praktik-praktik pembangunan infrastruktur cerdas iklim menuju emisi nol karbon pada tahun 2060 nanti," tutup Kiki.

Sebagai tahap awal, program API Sarpras PTV akan menyasar pendidikan tinggi vokasi negeri, baik politeknik negeri maupun Akademi Komunitas Negeri dengan target 12 pendidikan tinggi vokasi di tahun 2024.

Baca juga: Kemendikbud: Kurikulum Merdeka Jadi Kurikulum Nasional

PTV terpilih harus memiliki komitmen terhadap isu perubahan iklim serta memiliki rencana strategis atau peta jalan transformasi institusi menuju kampus hijau (green campus).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com