Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah di FK President University Bisa Lanjutkan Dokter Spesialis di AS

Kompas.com - 06/03/2024, 18:23 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) President University mendapat kesempatan untuk bisa meneruskan pendidikan dokter spesialis di Amerika Serikat (AS) secara gratis.

"Kuliah dokter spesialis di Amerika Serikat secara gratis setelah lulus kuliah di FK President University bisa terealisasi, karena adanya kerja sama antara President University dengan KAPLAN," kata Advisor to the Rector President University, Charles Saerang dalam keterangan resminya, Rabu (6/3/2024).

Baca juga: 4 PTN dengan Uang Pangkal Kedokteran Jalur Mandiri di Bawah Rp 150 Juta

Bahkan, selain kuliah gratis dokter spesialis di AS, nantinya akan memperoleh gaji 70.000 dollar AS per tahun.

Charles menyebut, belum ada kampus di Indonesia seperti President University yang memberikan kesempatan bagi mahasiwa untuk meneruskan pendidikan dokter spesialis dan memperoleh gaji selama ada di AS.

Menurut dia, kesempatan meneruskan pendidikan dokter spesialis di AS secara gratis berbeda dengan meneruskan pendidikan dokter spesialis di Indonesia yang tidak mudah dan harus bayar mahal.

"Untuk bisa meneruskan pendidikan dokter spesialis di Amerika Serikat, maka mahasiswa harus memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh President University dan KAPLAN," ungkap dia.

Charles mengatakan, kehadiran FK President University punya kelebihan untuk memenuhi jumlah dokter baru yang diminta oleh pemerintah.

Apalagi, lanjut dia, nantinya akan ada dokter spesialis dari Amerika Serikat dalam menyediakan kebutuhan dokter, baik dokter umum dan dokter spesailis untuk melayani kesehatan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Kehadiran FK President University Bisa Atasi Kurangnya Tenaga Dokter di Indonesia

Gilang dari KAPLAN Medical Representative menjelaskan, dirinya mendukung mahasiswa FK President University yang akan meneruskan pendidikan dokter spesialis di AS secara gratis.

"Setiap mahasiswa FK President University yang akan meneruskan pendidikan di AS, maka KAPLAN akan mendidik mahasiswa itu bisa melewati standarisasi internasional kedokteran, sehingga bisa meneruskan pendidikan dokter spesialis di AS," ucap Gilang.

Jadi, KAPLAN akan membimbing mahasiswa FK President University untuk bisa lulus sejumlah tes, guna memenuhi standarisasi internasional di AS.

Baca juga: Kampus Kedokteran di AS Dapat Donasi, Semua Mahasiswa Kuliah Gratis

"Bagi yang sudah lulus sekitar 4 tes dari KAPLAN, maka bisa meneruskan pendidikan dokter spesialis apa saja yang ada di AS secara gratis sampai lulus dan akan dapat uang saku maksimal 70.000 dollar AS per tahun atau setara Rp 1 miliar," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com