Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehadiran FK President University Bisa Atasi Kurangnya Tenaga Dokter di Indonesia

Kompas.com - 20/02/2024, 20:36 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Kedokteran (FK) President University masih seumur jagung, karena baru dapat keputusan berdiri per 22 Agustus 2023.

Meski begitu, Fakultas Kedokteran ini ternyata mampu menjadi fakultas kedokteran favorit dan unggulan di utara Jakarta.

Baca juga: Prabowo Janji Akan Tambah 300 Fakultas Kedokteran di Indonesia

Dekan Fakultas Kedokteran President University, Prof. Budi Setiabudiawan menyatakan, kehadiran Fakultas Kedokteran dan Program Studi Pendidikan Dokter di President University diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk mengatasi kurangnya jumlah tenaga dokter di Indonesia.

"Selain itu kita ingin berkontribusi nyata dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia serta unggul ditingkat nasional dan internasional pada tahun 2027 mendatang," ucap dia dalam keterangan resminya, Selasa (20/2/2024).

Dia mengaku, program studi (Prodi) FK President University memiliki visi, yakni untuk menghasilkan lulusan dokter yang profesional, kompeten, inovatif, dan humanis serta memiliki keunggulan di bidang kesehatan kerja.

"Itu sebabnya kehadiran Fakultas Kedokteran dan Program Studi Kedokteran di Kabupaten Bekasi menjadi sangat penting. Apalagi Fakultas dan Program Studi Kedokteran President University ingin meraih keunggulan dalam bidang kesehatan kerja," ujar Prof. Budi.

Founder President University, SD Darmono menyampaikan, lokasi kampus Fakultas Kedokteran ini berada di dalam kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara. Hal ini akan memberikan dampak yang positif bagi para lulusan Fakultas Kedokteran.

"Ribuan perusahaan yang ada di kawasan ini sekaligus akan membuka lapangan kerja bagi para lulusan," ujar Darmono.

Untuk itu, Darmono berpesan kepada masyarakat Indonesia untuk mendaftarkan putra-putrinya ke FK President University bila ingin menjadi dokter.

Karena, bila kuliah di kampus ini akan dibina menjadi dokter yang sukses, terampil, dan terlatih dengan pengetahuan serta moral value yang tinggi.

Saat ini, FK President University telah bekerja sama dengan FK Glasgow dan Universitas Padjajaran (Unpad).

Baca juga: Handa S. Abidin Dilantik Jadi Rektor President University di Usia 38 Tahun

"Mahasiwa FK President University ini difasilitasi praktik kerja di 25 RS di Medical City Jababeka," jelas Darmono.

Asal tahu saja, President University telah menjadi kampus dengan mahasiswa asing full timer terbanyak di Indonesia.

Dengan begitu, mahasiswa yang kuliah di FK President University akan memiliki pergaulan internasional, karena memiliki banyak teman dari berbagai negara.

Kampus ini pun berada di Jababeka, Cikarang yang dihuni oleh 1 juta pekerja yang berasal dari 34 negara. Sedangkan jumlah tenant yang ada di Jababeka telah dihuni oleh 2.000 perusahaan.

Baca juga: Urgensi Pendidikan Kewirausahaan untuk Mahasiswa Fakultas Kedokteran

Bila kamu kuliah di Fakultas Kedokteran President University, maka fasilitasnya akan terintegrasi dengan 25 fasilitas kesehatan dan rumah sakit yang berada di wilayah Jababeka Medical City.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com