Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Handa S. Abidin Dilantik Jadi Rektor President University di Usia 38 Tahun

Kompas.com - 31/01/2024, 19:58 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Handa S. Abidin dilantik menjadi Rektor President University untuk menggantikan posisi rektor sebelumnya yang diemban oleh Prof. Chairy.

Chairman Grup Jababeka dan Pendiri President University, SD Darmono mengatakan, President University tak boleh berhenti mengembangkan dirinya untuk terus menjadi lebih baik.

Baca juga: Rektor: Lulusan Undip Cepat Dapat Pekerjaan

"Untuk terus maju dan berkembang, kita perlu merekrut orang-orang muda," kata Darmono dalam keterangannya, Rabu (31/1/2024).

Itu pula, kata dia, yang menjadi pertimbangan President University mengangkat Handa S. Abidin sebagai Rektor yang usianya cukup muda, yakni 38 tahun.

Demi President University terus maju dan berkembang, lanjut Darmono, selain merekrut banyak orang muda, kunci lainnya adalah inovasi.

"Negara kita sekarang ini sangat serius mendorong inovasi. Dan, President University harus ikut memberikan dukungannya," tegas Darmono.

Lalu, agar mampu terus berinovasi, kata Darmono, peran riset menjadi sangat penting.

"Dari mana datangnya gagasan riset? Dari inspirasi. Dan, inspirasi itu datangnya dari universitas, termasuk dari President University," ucap dia.

Handa S. Abidin mengungkapkan, dirinya akan meningkatkan kinerja President University.

Hal itu dilakukan agar lebih berperan dalam diplomasi dan meraih devisa melalui bidang pendidikan.

Upaya itu, antara lain menghadirkan lebih banyak lagi mahasiswa asing dari berbagai negara di dunia untuk kuliah di President University.

Lanjut dia menyatakan, peluang menghadirkan mahasiswa asing sangat terbuka.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Tunjuk Chatarina Girsang Jadi Plt. Rektor UNS

Berdasarkan data situs izin belajar di Direktorat Kelembagaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, President University selama 2017-2022 menjadi perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa asing terbanyak se-Indonesia untuk tingkat sarjana atau S1.

Handa menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Kemudian, dia melanjutkan pendidikan S2 di George Washington University Law School, Amerika Serikat.

Sedangkan gelar S3-nya, dia berhasil menyelesaikan di University of Edinburgh, United Kingdom.

Handa bergabung di President University sejak 2016 dengan posisi sebagai Wakil Rektor. Posisi terakhirnya adalah sebagai Wakil Rektor bidang Akademik.

Baca juga: Rektor: Jadi Mahasiswa Unair Tak Perlu Khawatir Soal Biaya Kuliah

Selain menjadi dosen di Prodi Hukum, Fakultas Humaniora, President University, Handa adalah seorang advokat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com