Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor: Lulusan Undip Cepat Dapat Pekerjaan

Kompas.com - 31/01/2024, 14:51 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Rektor Universitas Diponegoro (Undip), Prof. Yos Johan Utama akan mewisuda 2.848 lulusan pada 29 Januari – 2 Februari 2024.

Sebanyak 1.531 lulusan berhasil meraih predikat cumlaude atau dengan pujian. Kelulusan ini terdiri dari Program Doktor, Magister, Pendidikan Dokter Spesialis, Profesi, Sarjana, Sarjana Terapan (D4), dan Diploma.

Baca juga: Cerita Ladunia, Lulusan Undip dengan IPK 3,92 dengan Segudang Prestasi

Undip juga meluluskan 203 mahasiswa bidikmisi, 5 mahasiswa asing, dan 4 mahasiswa dengan Double Degree.

Prof. Yos Johan Utama mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan orangtua atas kelulusan dan capaian yang diraih.

Dia mengaku, menjadi kebanggaan berhasil lulus menyelesaikan studi di Undip, salah satu universitas terbaik di Indonesia dengan segudang prestasi.

Di antaranya Ranking 1 Nasional sebagai universitas dengan alumni paling cepat mendapat pekerjaan berdasar QS Ranking for Employability 2021-2022 dan Rangking 2 nasional dan ranking 30 dunia Sustainable university berdasarkan UI Greemetric 2020, 2021, 2022,  dan 2023.

Lalu, Ranking 2 Nasional PTN-BH terbaik tahun 2021, 5 Besar PTNBH Terbaik 2022, dan Top 8 National Rank for World University Rank 2023 versi QS WUR.

"Kemudian memiliki lebih dari 20 prodi terakreditasi internasional termasuk ABEST, FIBAA, dan ASIIN, serta 24 prodi ranking 1 sampai 3 prodi terbaik di tingkat nasional," ucap Prof. Yos dalam dilansir dari laman Undip, Rabu (31/1/2024).

Prof. Yos menyampaikan Undip adalah universitas yang besar, dengan alumni hampir seperempat juta orang dan telah menghasilkan alumni yang menduduki jabatan tinggi di Indonesia.

Baca juga: Undip Buka Seleksi Beasiswa BI, Simak Persyaratan dan Cara Daftarnya

Sebagai alumni, masing-masing mempunyai tugas untuk tetap menjaga keagungan almamater Undip.

Oleh karenanya, ilmu pengetahuan harus diimplementasikan dengan penuh integritas.

"Ilmu yang kita pelajari selama ini sesungguhnya adalah media penghubung kita dengan Sang Khalik. Karena dengan ilmu itulah kita beribadah dalam bentuk ilmu amaliah. Di dalamnya harus dilandasi dengan integritas yang bersendikan kepada kejujuran, kebenaran, dan keadilan," jelas Prof. Yos.

Baca juga: Biaya Kuliah dan Uang Pangkal Kampus di Jateng: UNS, Unnes, Undip

"Menjadi alumni Undip yang sukses, utamanya menjadi pribadi yang jujur, adil, berani, dan peduli. Jujur dalam tindakan dan ucapan, adil dalam setiap pilihan kebijakannya, berani berkata benar sesuai hati nuraninya dan mempunyai rasa peduli kepada sesama umat manusia," tutup Prof. Yos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com