Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Undip Targetkan Masuk Rangking 500 Universitas Kelas Dunia di 2024

Kompas.com - 27/01/2024, 12:13 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Diponegoro (Undip) menargetkan untuk bisa masuk dalam rangking jajaran universitas kelas dunia atau World Class University di tahun 2024.

Wakil Rektor IV bidang Riset dan Inovasi Undip, Prof. Ambariyanto mengatakan, pengakuan internasional bisa mendukung Undip dalam mencapai cita-cita sebagai World Class University melalui peningkatan rangking akademik.

Baca juga: Undip Buka Seleksi Beasiswa BI, Simak Persyaratan dan Cara Daftarnya

Adapun di tahun 2024, Undip sudah masuk pada peringkat 791-800 menurut QS World University Ranking.

""Saat ini Undip mendapatkan peringkat 791-800 universitas berkelas dunia," ucap Prof. Ambariyanto dilansir dari laman resmi Undip, Sabtu (27/1/2024).

Selanjutnya, Undip ingin melibatkan secara aktif seluruh sivitas akademika untuk terus mengubah data, informasi, dan seterusnya, dengan harapan pemeringkatan berikutnya bisa mencapai target Top 500 World Rank.

Rektor Undip, Prof. Yos Johan Utama pun mengajak seluruh sivitas akademika untuk terus memperkuat Undip dan membantu mempertahankan peringkat dunia.

Menurut Prof. Yos, peringkat kelas dunia ini juga harus dibarengi dengan kemakmuran dan kesejahteraan kampus.

Prof. Yos juga optimistis bahwa nantinya Undip bisa mencapai posisi 500 besar universitas kelas dunia.

Baca juga: Chatarina Girsang Jadi Plt. Rektor UNS, Ini Jejak Pendidikan dan Pengalamannya

"Jika ingin melihat Undip tumbuh menjadi lebih sejahtera, setidaknya kita dapat mempertahankan peringkat-peringkat itu," kata Prof. Yos.

"Jika kita bersungguh-sungguh maka kita pasti bisa untuk mencapai itu. Mari kita tingkatkan kesejahteraan dengan terus mencetak prestasi," tambah Rektor Yos.

Adapun salah satu langkah Undip untuk mencapai posisi 500 besar universitas kelas dunia, dengan mengadakan sosialisasi program World Class University 2024.

Baca juga: Besaran Uang Pangkal Kuliah Kedokteran di Unsoed, UNS, Undip, Unnes

Acara itu digelar pada 22 Januari 2024 di Gedung Prof. Soedarto, Kampus Undip Tembalang, Semarang. Acara dihadiri oleh pimpinan dan sivitas akademika Undip.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com