Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Undip Buka Seleksi Beasiswa BI, Simak Persyaratan dan Cara Daftarnya

Kompas.com - 19/01/2024, 16:53 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Diponegoro (Undip) membuka pendaftaran program beasiswa dari Bank Indonesia (BI) untuk mahasiswa D3 sampai dengan S1.

Dilansir dari laman resmi Undip, pendaftaran beasiswa itu dibuka sampai Minggu (21/1/2024). Adapun beasiswa BI ini terdiri dari dua jenis, yakni beasiswa unggulan dan beasiswa reguler.

Baca juga: Bolehkah Penerima KIP Kuliah Daftar Beasiswa Lain? Ini Jawabannya

Beasiswa unggulan adalah beasiswa eksklusif yang diberikan pada perguruan tinggi negeri (PTN) unggulan yang bekerja sama dengan Bank Indonesia.

Sedangkan beasiswa regular adalah beasiswa yang diberikan kepada PTN, perguruan tinggi swasta PTS atau SMK Vokasi hasil kerjasama dengan Bank Indonesia melalui proses pengajuan sebagai penerima beasiswa Bank Indonesia.

Sebelum mendaftar beasiswa BI ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi para calon pendaftar. Berikut persyaratannya:

1. Skema unggulan dan reguler, mahasiswa aktif program Sarjana (S1) yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).atau surat keterangan aktif. Skema Vokasi, mahasiswa aktif vokasi (D3/D4) yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa atau surat keterangan aktif.

2. Sekurang-kurangnya telah menyelesaikan 40 satuan kredit semester (SKS) atau tiga semester.

3. Setiap mahasiswa menerima beasiswa paling lama hanya empat semester sepanjang memenuhi kriteria yang ditentukan.

4. Maksimal berusia 23 tahun atau belum berusia 24 tahun pada saat ditetapkan sebagai penerima beasiswa.

5. Tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga lain dan/atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga/instansi lain.

6. Mempunyai pengalaman menjalankan aktivitas sosial yang memiliki dampak kebermanfaatan bagi masyarakat.

Baca juga: UGM Jadi Kampus Teratas Tujuan Penerima Beasiswa LPDP Double Degree 2024

7. Bersedia untuk berperan aktif, mengelola dan mengembangkan Generasi Baru Indonesia (GenBI) serta berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

8. Skema unggulan, memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) semester terakhir minimal 3,5 skala 4,0. Skema reguler dan vokasi, Memiliki IPK semester terakhir minimal 3,0 skala 4,0.

9. Bagi skema unggulan, memiliki TOEFL Score (PBT atau ITP) sebesar 500 atau TOEFL IBT sebesar 61 atau TOEFL CBT sebesar 173 atau IELTS sebesar 6,0 yang dibuktikan dengan dokumen pendukung yang masih berlaku.

10. Bagi skema reguler dan vokasi, diutamakan bagi mahasiswa yang berasal dari latar belakang ekonomi kurang mampu (pra sejahtera) yang dibuktikan dengan adanya Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan/desa domisili orangtua mahasiswa.

11. Skema unggulan, membuat motivation letter dan rencana karier setelah menyelesaikan studi sarjana dalam bahasa inggris. Skema reguler dan vokasi membuat resume pribadi atau motivation letter dalam bahasa Indonesi.

12. Skema unggulan, menyertakan surat rekomendasi dari dua tokoh (akademik dan non-akademik). Skema reguler dan vokasi, menyertakan surat rekomendasi dari satu tokoh (akademik atau non-akademik).

Baca juga: Jokowi: Penerima Beasiswa LPDP Naik 7 Kali Lipat sejak Pertama Dibuka

Jika berminat daftar beasiswa BI, mahasiswa Undip bisa langsung menyambangi laman ini https://beasiswa.undip.ac.id/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com