Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warek Unej: Ada 3 Hal Pengaruhi Calon Mahasiswa Lolos SNBP 2024

Kompas.com - 20/02/2024, 18:43 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) masih dibuka hingga 28 Februari 2024 mendatang.

Calon mahasiswa bisa mendaftar di Universitas Jember (Unej) di jalur SNBP 2024.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unej Prof. Slamin selaku membagikan beberapa tips bagi calon mahasiswa yang mendaftar SNBP 2024.

Tips ini bisa membantu para siswa yang akan mendaftar di perguruan tinggi khususnya di Unej bisa memahami peluang, tata cara dan wawasan tentang jalur masuk SNBP 2024.

Baca juga: Ketahui Syarat dan Cara Daftar Jalur Mandiri Undip

3 hal pengaruhi lolos SNBP 2024

Pada jalur masuk SNBP 2024 tidak ada perbedaan dengan tahun 2022 yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Negeri (SNMPTN), sistem seleksinya sama menggunakan nilai rapor dan berbagai prestasi siswa.

"Tidak ada perbedaan dalam sistem seleksinya. Sama-sama menggunakan nilai rapor dan beberapa prestasi yang dimiliki oleh siswa. Hanya saja yang berbeda itu di Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) terdapat beberapa perbedaan di jalur itu dengan seleksi tahun lalu," terang Prof. Slamin seperti dikutip dari laman Unej, Selasa (20/2/2024).

Di jalur masuk SNBP 2024 terdapat beberapa faktor peluang yang memengaruhi kelulusan calon mahasiswa, seperti:

1. Nilai rapor

2. Nilai mata pelajaran pendukung

3. Sertifikat prestasi.

Baca juga: 37 Jurusan Unsri dengan Daya Tampung Terbanyak di SNBT 2024

Pada seleksi ini pihak kampus akan memberlakukan adil dalam menyeleksi. Misalnya pada siswa yang mendaftarkan lintas jurusan alias linjur, akan menerapkan faktor koreksi.

Yaitu nilai rapor dan nilai mata pelajaran pendukung akan dikalikan dengan faktor koreksi.

Prof. Slamin menambahkan, untuk siswa yang lintas jurusan akan menerapkan faktor koreksi.

Misalkan ada siswa program Sains akan mendaftar di Soshum atau sebaliknya pada nilai rata-rata rapor dan mata pelajaran pendukung itu akan dikalikan dengan faktor koreksi entah itu 0,9 dan sebagainya.

"Tergantung dari masing-masing perguruan tinggi," jelasnya.

Baca juga: Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia 2024 Dibuka, Uang Saku Rp 750.000

Selain itu Prof. Slamin manambahkan bahwa pada tahun 2024 di jalur SNBP, Unej akan menerima 2.235 calon mahasiswa baru yang daftar lewat jalur tersebut dan untuk faktor alumni atau gap year, jalur ini tidak berlaku.

"Di tahun ini di SNBP yang ingin kita terima itu ada 2.235 dari 8.550 atau 26 persen dari daya tampung Unej pada tahun 2024. Untuk faktor alumni itu tidak ada. Justru di SNBP ini kami ingin merangkul mahasiswa lulusan SMA dari seluruh penjuru tanah air dengan ketentuan yang berlaku tadi," beber Prof. Slamin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com