Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

President University Buka Program Magister Hukum

Kompas.com - 30/11/2023, 17:25 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - President University resmi membuka Program Magister Hukum. Pembukaan Program Magister Hukum tersebut berdasarkan Surat Keputusan Nomor 127 Tahun 2023.

Terdapat tiga konsentrasi yang disajikan, yakni litigasi, hukum korporasi, dan hukum internasional.

Director of Legal and Secretarial President University, Dr. Fennieka Kristianto mengatakan, perkuliahan Program Magister Hukum di President University sangat berbeda jika dibandingkan dengan universitas lainnya di Indonesia.

Baca juga: Bertambah 1, Kini Ada 80 Perguruan Tinggi Berakreditasi Unggul BAN-PT

Pasalnya, perkuliahan Program Magister Hukum di President University menggunakan bahasa inggris.

Menurutnya, program studi hukum President University memahami bahwa untuk sukses di era globalisasi yang sangat pesat dan perkembangan lintas batas, kebutuhan penguasaan bahasa Inggris baik secara profesional maupun sehari-hari menjadi sangat penting.

Dengan demikian, semua mata kuliah di Prodi Hukum President University sepenuhnya dilakukan dalam bahasa Inggris, dibawakan oleh dosen-dosen berkualitas dari berbagai sekolah ternama baik di dalam maupun di dalam negeri.

Kursus tersebut juga disesuaikan dengan tren teknologi, bisnis dan keuangan terkini dari seluruh dunia.

"Selain mempelajari ilmu hukum, mahasiswa juga dapat mempelajari bahasa inggris umum dan bahasa inggris hukum di saat yang bersamaan, jadi memperkaya mahasiswa dan meningkatkan daya saing mereka. Ini yang menjadi satu poin plus," kata dia dalam keterangannya, Kamis (30/11/2023).

Adapun, kurikukum yang diterapkan Program Magister Hukum President University berbasis analisis putusan dan project.

"Programnya itu unik dan singkat, hanya 1,5 tahun. Akan tetapi sudah memenuhi kurikulum atau persyaratan yang dipersyaratkan oleh Ditjen DIKTI Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek)," terang dia.

Jika dilihat dari kurikulumnya, lanjut Fennieka, mata kuliah yang ditawarkan Program Magister Hukum President University sangatlah unik dan jarang ditawarkan Magister Hukum lainnya di Indonesia.

Contohnya, mata kuliah strategist for complex litigation. Mata kuliah seperti ini tentunya masih sangat jarang ditawarkan Magister Hukum lain.

Mahasiswa juga akan diajarkan terkait pendalam terhadap putusan dalam konsentrasi litigasi.

Lalu, untuk hukum korporasi lebih banyak melakukan project, sedangkan konsentrasi hukum internasional, mahasiswa akan diajarkan policy brief yang praktis secara mendalam.

Selain itu, Program Magister Hukum pada kampus yang berlokasi di Cikarang, Bekasi ini menerapkan sistem pembelajaran Hybrid.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com