Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unusa Gapai Akreditasi Unggul dari BAN-PT hingga 2028.

Kompas.com - 27/11/2023, 13:13 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) memperoleh akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada usia ke-10 tahun.

Predikat akreditasi unggul lewat Surat Keputusan No 946/SK/BAN-PT/Ak/PT/XI/2003. Predikat akreditasi unggul sampai 21 November 2028.

Baca juga: 79 Perguruan Tinggi Berstatus Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Rektor Unusa Prof. Dr. Achmad Jazidie menjelaskan, Unusa termasuk perguruan tinggi yang mampu memenuhi persyaratan-persyaratan terakreditasi Unggul yang ditetapkan oleh BAN-PT.

Menurut dia, pencapaian ini menandakan bahwa tata kelola, SDM, proses belajar mengajar, iklim pembelajaran, prestasi kemahasiswaan, penelitian dan pengabdian masyarakar, serta pengembangan sarana dan prasarana, telah berjalan sangat baik di Unusa, jauh melampaui standar nasional.

Atas capaian itu, Rektor Unusa menyampaikan apresiasi atas kontribusi seluruh sivitas akademika Unusa, serta seluruh stakeholders terkait yang selama ini bahu membahu untuk bekerja keras.

"Akreditasi unggul yang dicapai Unusa merupakan hasil kerja keras seluruh sivitas akademika dan stakeholders lain, seperti para alumni, pengguna alumni, perusahaan-perusahaan dan lembaga-lembaga lain yang telah bekerjasama dengan Unusa, dan tentu saja kepada ketua dan pengurus YARSIS, serta para kiai dan warga masyarakat yang mendoakan kami," ucap dia dikutip dari laman Unusa, Senin (27/11/2023).

Meskipun telah terakreditasi Unggul, Prof. Jazidie mengingatkan apa yang dicapai Unusa sekarang merupakan tonggak penting untuk menjadi salah perguruan tinggi yang terkemuka di Indonesia dan di ASEAN di masa mendatang.

Untuk itu, masih banyak tantangan yang dihadapi dan banyak yang harus diperbaiki serta dikerjakan untuk masa depan yang lebih baik, terutama sekali ketika Unusa harus bersaing di level global.

"Dalam persaingan global yang semakin menantang, akreditasi unggul merupakan pembuka pintu bagi Unusa untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi positif pada masyarakat Indonesia dan dunia," jelas dia.

"Lebih dari sekadar mencetak lulusan, Unusa bertekad untuk menjadi pusat pengembangan Iptek sekaligus pusat pembelajaran yang mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) profesional dan pemimpin masa depan dan berkontribusi pada perkembangan sosial dan ekonomi, serta membawa rahmat di level global," tambah dia.

Wakil Rektor 1 Unusa, Prof. Kacung Marijan menyatakan kebanggaannya terhadap peran aktif seluruh elemen universitas.

Akreditasi unggul ini merupakan wujud dari kerja keras dan dedikasi bersama yang tidak kenal lelah.

Melalui prestasi dosen, kreativitas mahasiswa, dan peran penting tenaga kependidikan, Unusa terus berkembang menjadi pusat pendidikan yang bermutu di Indonesia.

Baca juga: 34 PTN Berstatus Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Unggul bukan hanya akreditasi yang menjadi momen yang membanggakan, tetapi juga momentum untuk melompat ke depan dengan ke arah yang lebih baik lagi.

"Berbagai prestasi dari dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan Unusa telah menjadi poin penting dalam proses akreditasi ini. Dari karya penilaian, publikasi hingga partisipasi aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, kontribusi seluruh sivitas akademika telah menjadi bagian penting dari penilaian unggul," ugkap Prof. Kacung.

Dia juga menambahkan prestasi yang dicapai oleh dosen dan khususnya mahasiswa bukan hanya di bidang akademik, tetapi juga non-akademik.

Selama ini, selain di bidang akademik, Unusa memang mendorong para mahasiswa untuk mengembangkan diri dan berprestasi di luar akademik, seperti di bidang kewirausahaan, seni, olah raga, kepemimpinan, dan bidang-bidang lainnya.

Bidang-bidang itu diyakini sangat bermanfaat ketika mahasiswa lulus dan menjadi bagian dari masyarakat.

Baca juga: 41 Kampus Swasta Berstatus Akreditasi Unggul dari BAN-PT

"Dalam upaya mencetak lulusan yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki nilai-nilai moral dan kemampuan beradaptasi, Unusa terus menegaskan pentingnya pengembangan holistik. Akreditasi unggul menjadi bukti bahwa Unusa mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang merangsang pertumbuhan berbagai aspek potensi mahasiswa, baik di bidang akademik maupun non-akademik," pungkas Prof. Kacung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com