Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah Resmi Luncurkan Forum Rektor

Kompas.com - 22/12/2023, 10:21 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.comPerguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) secara resmi meluncurkan Forum Rektor pada Kamis, 21 Desember 2023 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ).

Kepengurusan Forum Rektor PTMA telah mendapat persetujuan Majelis Dikti Litbang melalui SK Nomor 0306/KEP/I.3/D/2023 dan dipimpin Ketua Umum Forum Rektor PTMA Gunawan Budiyanto.

Gunawan melalui rilis resmi (21/12/2023) menjelaskan, forum yang diinisiasi beberapa rektor PTMA  dikembangkan untuk berbagi pengalaman, bertukar ide, serta yang berkaitan dengan pola pembinaan antar PTMA.

"Forum dibentuk agar ada forum tersendiri bagi para rektor untuk dapat berkomunikasi lebih intens, detail dan teknis. Hal ini dikarenakan sebelumnya, komunikasi antar rektor dinilai masih terbatas," ungkap Gunawan yang juga merupakan Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

"Kami mencoba untuk mencari bentuk bagaimana ada modus yang berbeda dalam mengembangkan PTMA. Akhirnya bulan September sepakat untuk membentuk Forum Rektor PTMA,” jelasnya.

Lebih lanjut, Gunawan menerangkan, FRPTMA lebih banyak memiliki muatan untuk mengembangkan PTMA dengan penguatan-penguatan kualitas learning process, peningkatan kualitas manajerial, dan meningkatkan kinerja akademik yang dimiliki masing-masing PTMA.

Sebagai informasi, PTMA di Indonesia kini berjumlah 171 dengan 82 universitas. Oleh karenanya Gunawan berharap Forum Rektor PTMA ini dapat melahirkan SDM berkualitas untuk menyongsong bonus demografi.

“Forum ini akan terus ada karena ini terbentuk sebagai tanggung jawab Muhammadiyah terhadap bangsa ini," tegas Gunawan.

"Bagi Muhammadiyah ikut menyiapkan kualitas sumber daya manusia agar saat bonus demografi datang, generasi muda kita tidak hanya jadi penonton tapi juga pemain,” pungkas Gunawan.

Peresmian Forum Rektor PTMA dilakukan secara simbolis oleh Ketua Umum FRPTMA didampingi oleh segenap pengurus.

Turut hadir Ketua Komisioner Komisi Pemilihan Umum Hasyim Asy’ari, rektor dan dekan di lingkungan PTMA, Wakil Rektor I Muhammad Hadi, Wakil Rektor III Rini Fatma Kartika, para dekan, wakil dekan, dosen, dan mahasiswa di lingkungan UMJ.

Baca juga: Prof. Yuda Turana Jadi Rektor Unika Atma Jaya Periode 2023-2027

Peresmian Forum Rektor PTMA dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesempahaman antara Forum Rektor PTMA dan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) serta Diskusi Publik dengan tema Pemilu 2024 dan Masa Depan Demokrasi di Indonesia.

Diskusi publik menghadirkan Guru Besar Ilmu Politik dan Rektor UMJ Prof. Ma'mun Murod, Pakar Komunikasi Politik Prof. Effendi Gazali, dan Pengamat Politik Ujang Komarudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com