Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Nama Bakal Calon Rektor ITS yang Siap Jalani Pemiliihan

Kompas.com - 07/12/2023, 19:58 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Pemilihan rektor (pilrek) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sudah dimulai sejak 19 Oktober 2023.

Saat ini, sudah mengerucut terpilih lima dari 20 bakal calon rektor yang terdaftar dan akan memasuki pemilihan di tingkat Senat Akademik ITS pada Jumat (8/12/2023).

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITS Prof. Mohammad Nuh mengatakan, kelima bakal calon rektor yang terpilih merupakan hasil penjaringan aspirasi di tingkat sivitas akademika mulai dari dosen, tenaga kependidikan (tendik) dan mahasiswa.

Baca juga: SNPMB 2024: Cek Daya Tampung ITS Semua Jurusan Jalur SNBP

Pria yang akrab disapa Nuh ini mengatakan, keberlanjutan dari dipilihnya calon rektor akan dilangsungkan secara tertutup dan melalui proses yang lebih intens.

"Proses pemilihan ini akan menyeleksi dari tiga calon rektor yang terpilih nantinya menjadi satu kandidat terbaik yang akan mengemban tugas sebagai rektor ITS periode 2024-2029," ungkap dia, dilansir dari laman ITS, Kamis (7/12/2023).

Dia memaparkan, terdapat lima bakal calon rektor yang akan melanjutkan pemilihan rektor saat ini, yaitu:

  1. Agus Muhammad Hatta PhD dari Departemen Teknik Fisika
  2. Bambang Pramujati PhD dari Departemen Teknik Mesin
  3. Prof. Ketut Buda Artana dari Departemen Teknik Sistem Perkapalan
  4. Dr. Machsus dari Departemen Teknik Infrastruktur Sipil
  5. Prof. Sri Gunani Partiwi MT dari Departemen Teknik Sistem dan Industri.

Kelima bakal calon rektor tersebut ditentukan lewat jaring aspirasi dari 29.123 orang, yaitu 1.057 dosen, 1.084 tendik, dan 26.982 mahasiswa ITS melalui sistem daring bernama e-aspirasi.

"Dengan rincian perolehan suara mencapai 90,82 persen dari dosen, 91,33 persen dari tendik, dan 55,29 persen dari mahasiswa," ungkap mantan Mendikbud itu.

Ketua Senat Akademik (SA) ITS, Prof. Syafsir Akhlus menyampaikan, pemilihan tiga calon rektor akan dilakukan melalui Sidang Tertutup SA yang akan dilaksanakan pada 8 Desember 2023.

Pada tahap pemilihan ini akan dihadiri oleh seluruh anggota SA ITS berjumlah 71 orang.

"Kandidat tiga calon rektor akan diumumkan melalui konferensi pers nantinya," jelas lelaki yang akrab disapa Akhlus ini.

Baca juga: Rektor UGM: Lulusan Jangan Hanya Sekadar Kantongi Ijazah

Setelah itu, pilrek ini akan mencapai tahap akhir dengan dipilihnya rektor lewat rapat pleno di Majelis Wali Amanat (MWA) ITS yang dijadwalkan pada bulan Desember ini.

Ketiga nama carek yang terpilih juga akan dikirimkan oleh MWA ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk memperoleh suara juga dari Mendikbud Ristek.

Setelah mendapatkan suara menteri, pemilihan kembali dilakukan di tingkat MWA ITS untuk menentukan satu orang sebagai Rektor ITS terpilih.

Rektor ITS, Prof. Mochamad Ashari berharap adanya regenerasi jabatan rektor ini mampu melanjutkan estafet kemajuan ITS.

Melalui pemilihan rektor ini pula, ia menginginkan proses tersebut dapat menjadi ajang yang mampu dipercaya oleh seluruh elemen warga ITS.

"Kita ingin pemilihan rektor ini berjalan alami dan natural tanpa ada kecurangan, agar terhindar dari hal-hal yang kurang baik," ungkap Guru Besar Teknik Elektro ini.

Ashari menyampaikan, tahap akhir dari pemilihan rektor ini nantinya akan diselenggarakan pada tanggal 20 Desember 2023 dengan mengumumkan nama rektor yang terpilih.

Baca juga: Rektor Unair: Wisudawan Jangan Berhenti Belajar, Perjalanan Masih Panjang

"Harapannya, momen ini dapat melahirkan sosok pemimpin yang mampu membawa ITS menuju ke arah yang lebih baik," pungkas Prof. Ashari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com