Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen UMM Sebut 3 Bahaya Ini Ancam Tubuh bila Banyak Minuman Bersoda

Kompas.com - 13/12/2023, 13:43 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Minuman bersoda memang menyegarkan, apalagi disajikan dalam keadaan dingin. Namun siapa sangka, efek minuman bersoda menimbulkan banyak dampak negatif bagi tubuh manusia.

Dosen Teknologi Pangan UMM, Afifa Husna, mengatakan, dengan banyaknya dampak negatif bagi tubuh, air putih tetap menjadi pilihan terbaik untuk menjaga tubuh dibanding minuman bersoda.

Baca juga: Psikolos UMM: Puasa Media Sosial Jadi Cara Ampuh Jaga Kesehatan Mental

Selain gas karbon dioksida, minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi.

Bahkan, jumlah gula dalam minuman soda sering kali melebihi batas harian yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan.

"Kandungan gula yang tinggi ini memberikan rasa manis dan kenikmatan pada minuman. Namun, di balik itu, terdapat risiko serius terkait kesehatan tubuh," ucap dia, dilansir dari laman UMM, Rabu (13/12/2023).

Kandungan gula yang tinggi dapat memaksa pankreas untuk menghasilkan lebih banyak insulin guna menghilangkan glukosa dari aliran darah.

Hal ini meningkatkan risiko resistensi insulin yang merupakan pemicu utama diabetes. Tak hanya itu, minuman bersoda juga dapat menurunkan kepadatan tulang.

"Kandungan gula yang tinggi dapat mengurangi densitas tulang, membuatnya lebih rentan terhadap kerapuhan. Sehingga dapat meningkatkan risiko osteoporosis," ungkap dosen yang akrab disapa Ifa ini.

Baca juga: Kiat Lutfi, Mahasiswa UMM yang Diterima Bekerja Sebelum Wisuda

Parahnya, tingginya kadar gula dalam darah dapat mengakibatkan darah menjadi kental. Hal tersebut menyebabkan penyumbatan pembuluh darah di otak yang berpotensi memicu stroke.

Sementara itu, penyumbatan pembuluh darah di jantung berisiko terkena serangan jantung.

"Dan bukan hanya sampai di situ, kandungan gula dalam minuman bersoda juga dapat menyebabkan kerusakan pada penglihatan, sistem saraf, dan membawa berbagai masalah kesehatan lainnya. Banyak masalah kesehatan serius yang bisa ditimbulkan oleh minuman bersoda," jelas dia.

Dengan demikian, jangan berlebihan minuman bersoda, bahkan harus bisa dihindari, karena membawa konsekuensi serius bagi tubuh.

Baca juga: 6 Tips bagi Orangtua agar Punya Dana Pendidikan untuk Anak

"Sehingga, penting untuk mempertimbangkan pilihan minuman yang lebih sehat dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Mungkin minuman bersoda yang biasa dikonsumsi bisa diganti dengan air dingin yang sama-sama menyegarkan," pungkas Ifa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com