Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Lutfi, Mahasiswa UMM yang Diterima Bekerja Sebelum Wisuda

Kompas.com - 27/11/2023, 17:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bisa direkrut perusahaan sebelum lulus kuliah, dirasakan oleh Moh Lutfi Masaid, mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuakultur Fakultas Pertanian Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Lutfi, sapaan akrabnya kini berhasil direkrut kerja di PT Garin Agro Sejahtera sebelum diwisuda. Ia pun membagikan cara agar bisa bekerja sebelum lulus kuliah.

Awalnya, ia mendapatkan kesempatan ini setelah mengikuti Center of Excellence (CoE) Kelas Profesional Udang yang ada di UMM.

Baca juga: Kisah Risma Lulus Cumlaude IPK 3,8, Kerja di BUMN Sebelum Wisuda

Mahasiswa yang memiliki hobi mendaki gunung ini mengatakan mahasiswa bisa mencoba mengikuti CoE seperti yang dimiliki UMM.

Selama ia mengikuti program tersebut, dia mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat dan bahkan ilmu tersebut langsung dapat ia implementasikan dalam Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

“Saya dulu ikut CoE Kelas Profesional Udang di PT Ghana Utamadi Dhuniara selama 1 semester. Selain dapat ilmu, saya juga mendapat konversi sebanyak 20 SKS pada semester tersebut. Itu juga sama seperti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang digaungkan oleh Kemendikbud Ristek,” jelasnya, dari rilis UMM.

Saat mengikuti program ini ia ditempatkan sebagai asisten teknisi tambak. Dia membantu berbagai tugas perusahaan.

Baca juga: Erica Lulus S1 di IPB dengan IPK 4,00 dan Sudah Bekerja di Pertamina

Seperti perhitungan pemberian pakan, penghitungan dosis vitamin dan obat yang akan diberikan kepada udang, hingga penghitungan pada total panen udang yang akan didapat.

Berbagai tugas tersebut sangat berkorelasi positif terhadap pekerjaan yang saat ini dia lakukan.

Program CoE merupakan bentuk dari komitmen penuh UMM untuk mampu menyiapkan para mahasiswa untuk siap ditempatkan pada dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Hal itu juga menjawab tantangan kebutuhan DUDI terkait dengan tenaga profesional yang siap untuk langsung bekerja saat masuk perusahaan.

Terlebih, CoE yang dimiliki UMM sudah mencapai lebih dari 50 program. Adapun CoE ini juga bekerjasama langsung dengan beragam industri dan dunia usaha. Sehingga skill yang diberikan kepada peserta benar-benar sesuai dengan apa yang dibutuhkan industri.

Pemuda asal Situbondo ini mengatakan kalau ingin bisa mendapat pekerjaan, cobalah memanfaatkan kesempatan dari berbagai program unggulan yang ada. Termasuk bagi mahasiswa UMM yang perlu cek program di kampus putih ini.

“Untuk mahasiswa UMM, manfaatkan seluruh program yang ada di UMM, termasuk CoE. Sayang kalau tidak diikuti karena bisa memberikan jalan untuk mendapatkan pekerjaan. Bahkan jauh sebelum diwisuda,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com