Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Kemendikbud Dorong Internasionalisasi Bahasa Indonesia

Kompas.com - 09/12/2023, 11:00 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kepala Badan Bahasa Kemendikbud Ristek, E. Aminudin Aziz menyatakan terus mendorong internasionalisasi bahasa Indonesia. Setidaknya ada beberapa upaya dalam mendorong internasionalisasi Bahasa Indonesia.

Salah satu langkahnya, pemerintah lewat Badan Bahasa Kemendikbud Ristek telah menjadikan bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi pada sidang umum UNESCO.

Tak lupa, sudah ada 54 negara terfasilitasi program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), 523 lembaga penyelenggara program BIPA, 172.029 orang pemelajar BIPA, serta 1.857 penugasan pengajar BIPA.

Baca juga: Guru Besar Unesa: Bahasa Indonesia Telah Jadi Bagian Pengambilan Kebijakan di Internasional

"Upaya lain yang dilakukan oleh Badan Bahasa dalam internasionalisasi bahasa Indonesia adalah dengan pemberian dukungan dan partisipasi dalam KTT ASEAN 2023," ungkap Aminuddin di Jakarta, pada Jumat (8/12/2023).

Dia menyebutkan, Badan Bahasa menerbitkan buku Cerita Anak ASEAN dari 11 negara anggota ASEAN yang ditulis dalam bahasa negara anggota ASEAN dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang dijadikan buah tangan dari Badan Bahasa Kemendikbud Ristek untuk para delegasi dalam pertemuan KTT ASEAN Tahun 2023.

Penerjemahan buku cerita anak yang bermutu dan menarik juga dilakukan Badan Bahasa pada tahun ini.

Seperti pengembangan lima fitur Penerjemahan Daring (Penjaring), yang meliputi proteksi buku dengan Digital Rights Management (DRM), fungsi multilingual, fungsi aksara, fungsi simbol, dan penambahan kamar untuk buku audiovideo.

Totalnya ada 2.473 buku terjemahan cerita anak (1.250 dari bahasa asing dan 1.223 dari bahasa daerah) yang berbasis science, technology, engineering, arts, dan mathematics.

"Buku-buku tersebut dapat diakses di laman https://penerjemahan.kemdikbud.go.id/," ungkap dia.

Selain itu, berdasarkan Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia (KKNI) Bidang Penjurubahasaan Lisan (Keputusan Mendikbudristek RI No. 375/O/2023), ada capaian 60 orang penerjemah dan juru bahasa/calon penerjemah dan juru bahasa terbina, sejumlah 1.235 pemelajar bahasa asing untuk misi perdamaian, serta 6 wilayah diseminasi dan 4 wilayah uji keterbacaan dan uji penggunaan Penjaring.

Tingkatkan literasi generasi muda

Demi menjaga bahasa Idnonesia, sebut Aminuddin, Badan Bahasa juga telah melaksanakan peningkatan literasi generasi muda yang berjumlah 14.829 orang (745 di DKI Jakarta dan 14.084 di provinsi lainnya) pada tahun 2023 di 34 provinsi.

Kegiatan di DKI Jakarta ditangani oleh Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra. Sementara itu, kegiatan di 33 provinsi ditangani oleh UPT/balai dan kantor bahasa.

Baca juga: 10 Alasan Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Resmi UNESCO

Upaya bimbingan teknis pemberdayaan komunitas literasi telah dilakukan terhadap 923 komunitas (100 di DKI Jakarta dan 823 di 33 provinsi lainnya) dengan lokus pada tahun 2023 di 34 provinsi.

"Selain itu, target bahan penguatan literasi tahun 2023 yang berjumlah 100 bahan telah tercapai dengan perincian 80 buku cerita hasil sayembara serta 20 komik," jelas dia.

Indeks kemahiran berbahasa Indonesia tahun 2023, sejumlah 88,07 persen mengalami kenaikan dari data tahun sebelumnya, yakni 81,02 persen.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com