Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kompetisi Mobil Listrik Indonesia, Tim UGM Raih Juara Umum

Kompas.com - 13/11/2023, 16:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UGM

KOMPAS.com - Dari 22 perguruan tinggi se-Indonesia, tim mobil listrik Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih juara umum pada Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI).

Kompetisi yang digelar pada 6-8 November 2023 di Politeknik Negeri Bandung tersebut diikuti sebanyak 24 tim.

Untuk kategori yang dipertandingkan ialah kategori lomba yang terdiri dari akselerasi, pengereman, slalom, daya tanjak, dan endurance.

Lalu, kategori kedua ialah konsep desain meliputi rancang konstruksi, desain teknologi, inovasi, dan bussiness plan.

Baca juga: Ini 5 Besar Tim Terbanyak di Pimnas 2023, UGM Peringkat Pertama

Menurut Kapten Tim Yacaranda UGM, Tri Agus Anggoro, Yacaranda UGM berhasil meraih juara umum berkait raihan enam juara dari dua kategori lomba.

Prestasi dari kategori lomba yaitu juara 1 percepatan dan juara 1 daya tanjak yang diraih oleh tim yang digawangi oleh Tri Agus Anggoro (SV), An’amta Shobrin (SV), Sahriar Hilmi (FMIPA), dan Andreas Anggara Wibisono (SV).

Dari kategori desain meraih juara 1 konsep desain teknologi, juara 3 konsep rancang konstruksi, juara 2 konsep inovasi, serta juara 1 konsep business plan.

Tentu, capaian ini diraih oleh tim Yacaranda yang beranggotakan Angga Alfian Parmadi (SV) dan Jeremy Christian Muwardi (SV).

"Bangga bisa mempertahankan gelar juara umum KMLI setelah terakhir kompetisi di 2019 dan berhenti akibat pandemi Covid-19," ujarnya, dilansir dari laman UGM, Senin (13/11/2023).

Meski demikian, gelar juara umum itu diraih dengan upaya keras. Yakni dimulai dari persiapan selama berbulan-bulan dan riset oleh tim.

Tidak hanya itu saja, tim dari UGM tersebut saat lomba juga dihadapkan pada kendala cuaca yang cepat berubah. Kondisi tersebut membuat tim Yacaranda harus berpikir cepat menyusun strategi dalam perlombaan.

Baca juga: UGM Usung Inovasi Bangunan Kayu yang Efektif Serap Karbon

Saat lomba kondisi hujan sehingga ditunda hingga reda untuk alasan keselamatan. Kondisi trek yang basah setelah hujan ini tentunya berbeda ketika kering sehingga sangat berpengaruh terhadap performa mobil.

"Kami pun memutar otak menyusun strategi agar mobil bisa tetap berlaga maksimal saat lomba," jelasnya.

Pada kompetisi KMLI 2023 ini, Tim Yacaranda UGM meluncurkan mobil formula tenaga listrik bernama Super Sekip EV 3 Evolution.

Mobil ini adalah mobil kelima karya Tim Yacaranda yang merupakan hasil pengembangan dan modifikasi generasi sebelumnya sehingga meningkatkan performanya ketika berlaga.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com