Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Besar Tim Terbanyak di Pimnas 2023, UGM Peringkat Pertama

Kompas.com - 08/11/2023, 19:09 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UGM

KOMPAS.com - Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) ke-36 2023 bakal segera dihelat di Universitas Padjadjaran (Unpad) pada 26 November sampai 1 Desember 2023.

Tahun ini, Universitas Gadjah Mada (UGM) sukses meloloskan 62 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Dari jumlah itu menjadikan UGM sebagai perguruan tinggi dengan peserta terbanyak atau peringkat pertama yang maju ke Pimnas 2023.

Berdasar pengumuman yang dirilis Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek, UGM berada di peringkat pertama dengan 62 tim yang lolos Pimnas.

Baca juga: Mahasiswa UGM Mengkaji Pengaruh Weton pada Capaian Prestasi Akademik

Sekretaris Direktur Direktorat Kemahasiswaan UGM, Dr. Hempri Suyatna mengapresiasi capaian yang diraih oleh mahasiswa karena telah menorehkan prestasi lolos Pimnas.

"Namun, perjuangan belum selesai, kita masih akan berjuang untuk membawa juara Pimnas kembali ke UGM," kata Hempri, dilansir dari laman UGM, Rabu (8/11/2023).

Dijelaskan, UGM berhasil mempertahankan gelar juara umum di Pimnas selama empat kali berturut di tahun 2018-2021. Hanya saja prestasi tersebut sempat terlepas di dimana UGM menduduki Juara Umum 2 di tahun 2022.

Oleh karena itu, UGM berupaya melakukan persiapan yang maksimal di tengah waktu yang tidak panjang. Hal tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan peran dosen pembina, dosen pembimbing dan fakultas atau sekolah.

Selain itu juga melakukan konsolidasi dosen pembina dan semua tim mahasiswa yang lolos Pimnas untuk segera menyiapkan presentasi, artikel ilmiah, laporam akhir dan poster.

Baca juga: Ikut Pimnas 2022, Tim PKM UGM Jadi yang Terbanyak

Tak hanya itu saja, digelar pula lapak konsultasi PKM dan training center di UGM.

"Persaingan memang ketat, tetapi dengan persiapan matang semoga UGM bisa meraih kembali gelar juara umum Pimnas tahun ini," harapnya.

Ia juga menyebutkan bahwa pada 2023 terdapat 282 judul PKM UGM yang lolos mendapatkan pendanaan pelaksanaan program.

Jumlah tersebut juga berhasil menempatkan UGM diposisi teratas sebagai penerima pendanaan PKM terbanyak di Indonesia. Setelah melalui serangkaian seleksi akhirnya terpilih 62 tim UGM yang lolos maju ke Pimnas 2023.

Lima besar tim yang lolos Pimnas 2023

1. UGM dengan 62 tim

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com