Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Shell Eco-Marathon 2023, Mobil Hemat Energi ITS Juara 3 Dunia

Kompas.com - 14/10/2023, 14:25 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mobil hemat energi garapan tim Sapuangin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil meraih gelar juara 3 dunia pada Shell Eco-Marathon (SEM) World 2023 di Bangalore, India.

Dari hasil itu tentu mencatatkan nama tim Sapuangin ITS sebagai mobil urban tercepat di kategori Internal Combustion Engine (ICE).

Bahkan tim ini juga menjadi satu-satunya wakil dari Asia Pasifik dan Timur Tengah di ajang Shell Eco-Marathon (SEM) World 2023.

Dilansir dari laman ITS, Jumat (13/10/2023), tim mobil hemat energi ITS tersebut unjuk gigi lewat kecepatan dan efisien bahan bakar yang dihasilkan oleh mobil Sapuangin XI Evo 3 pada Final Race World Championship 2023.

Baca juga: Mahasiswa ITS Inovasi Limbah Kulit Kerang Jadi Paving Block

Menurut Aliffia Nur Arinda, Kru External Relations Sapuangin ITS, kemenangan ini lahir usai timnya memupuk poin dari rangkaian kompetisi yang berlangsung mulai 10 Oktober 2023.

Adapun rangkaian kompetisi ini mencakup Mileage Challenge dengan torehan 42 poin, dan 18 poin dari pengujian time trial.

Dijelaskan, kompetisi Mileage Challenge menguji ketangguhan dan efisiensi bahan bakar mobil hemat energi.

Untuk kategori ini, tim Sapuangin ITS berhasil memamerkan keunggulannya dengan mengefisiensikan penggunaan bahan bakar sebesar 281 kilometer per liter.

"Tim Sapuangin ITS meraih posisi kedua pada babak ini," ujarnya, dilansir dari laman ITS.

Di pengujian time trial, mobil hemat energi ITS mampu memutari sati lap dengan waktu tercepat satu menit 37 detik dan menduduki posisi kelima.

Tentunya, dengan hasil gemilang yakni di posisi 3 dunia ini menjadi kebahagiaan dan kebanggaan luar biasa bagi dia dan timnya.

Pencapaian ini merupakan buah dari kerja keras dan usaha yang mereka tempa selama tiga bulan ke belakang.

Baca juga: Cerita Ayah dan Anak Lulusnya Bareng di ITS

"Sesuai slogan kami, doa ibu yang selalu menyertai turut menjadi pendukung keberhasilan kami mengharumkan nama bangsa," tandas Rinda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com