Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia 102 Tahun, PIP Makassar Telah Berakreditasi Unggul

Kompas.com - 14/10/2023, 12:32 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar telah berusia 102 tahun. Sebagai sekolah pelayaran tertua di Indonesia, maka akan terus melahirkan pelaut yang andal.

Direktur PIP Makassar, Capt. Sukirno mengatakan, sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan BPSDMP Kementerian Perhubungan (Kemenhub), maka PIP Makassar siap berupaya secara maksimal agar bisa melahirkan pelaut-pelaut yang andal dan bisa mengarungi semua penjuru belahan samudera.

Baca juga: Kisah Nyoman, Lulusan Cumlaude ITB yang Lolos Beasiswa LPDP ke MIT

Lalu, pelaut itu akan dapat menguasai teknologi serta dapat bersaing dengan para pelaut luar negeri.

"Tidak hanya itu, kami juga berjanji akan membawa PIP Makassar menjadi pendidikan pelaut yang terdepan dan terbaik. Untuk ini kami akan terus meningkatkan akreditasi politeknik yang saat ini sudah Akreditasi Unggul," ucap dia dalam keterangannya, Sabtu (14/10/2023).

Dia menambahkan, pihaknya bersyukur PIP Makasar juga ikut membantu peningkatan perekomomian masyarakat, tidak hanya di Makassar dan Sulawesi Selatan, tapi sampai Indonesia bagian timur.

Di mana lulusan dari PIP Makasaar telah bekerja di berbagai perusahaan pelayaran dalam dan luar negeri yang bisa memperoleh penghasilan sangat baik.

"Dengan penghasilan tersebut tidak hanya bisa menghidupi dirinya, tapi juga untuk keluarganya," jelas dia.

Lanjut dia menyatakan, dirinya terus melakukan terobosan untuk memajukan PIP Makassar.

Salah satu yang dilakukan adalah meluncurkan program Navi Campus. Yakni, sistem dashboard taruna berbasis mobile yang terintergrasi dari kegiatan perkuliahan di PIP Makassar.

"Navi Campus berupa informasi kegiatan pendidikan dan pelatihan, penerimaan dan pengeluaran keuangan, pengembangan karakter taruna, pendaftaran diklat dan sistem pembayarannya," ujarnya.

Baca juga: Mau Masuk SMA Taruna Nusantara? Ini Rincian 3 Jalur Biaya Sekolahnya

Sejarah PIP Makassar

Dia mengungkapkan, awal berdiri pada tahun 1921 sampai 1946, sekolah ini diberi nama Sekolah Pelayaran Dasar. Lalu pada tahun 1946-1947 diberi nama Opleiding Scheep-vaart School Celebes (OSSC).

Kemudian berubah kembali pada 1947-1950 dengan nama Meddelbare Zeevaart School (MZS).

Pada masa kemerdekaan 1950-1964, sekolah ini berganti nama jadi Sekolah Latihan Penyebrangan Laut Sulawesi. Pada 1964-1972 menjadi Sekolah Pelayaran Makassar (SPM).

Pada 1972-1983 menjadi Sekolah Pelayaran Menengah Ujung Pandang (SPM UP). Di tahun 1983-1999 berganti menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran (BPLP-UP).

Baca juga: Siswa SMA Kolese De Britto Boleh Berambut Gondrong Mulai 1976

Baru pada tahun 1999 sampai sekarang resmi menjadi PIP Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com